MEMBANGUN APLIKASI WEBDAN MOBILEANDROID UNTUK MEDIA PENCARIAN KOST MENGGUNAKAN PHONEGAP DAN GOOGLE MAPS API

Andi Triansah, Dedi Cahyadi, Indah Fitri Astuti

Abstract


Bertambahnya jumlah mahasiswa pendatang yang berasal dari luar kota Samarinda berdampak pada bertambahnya jumlah penduduk disekitar lingkungan Universitas. Di Samarinda sendiri umumnya mahasiswa lebih memilih kost sebagai tempat tinggal. Bagi pendatang membutuhkan proses adaptasi yang tidak sebentar untuk mengenal lingkungan yang baru, sehingga adalah suatu kesulitan untuk mencari kost. Pertimbangan dalam memilih kost juga adalah yang tidak sebentar jika harus mendatangi satu persatu pemilik kost, sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pencari kost. Aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah aplikasi berbasis mobileandroid karena dapat diakses dimana saja dan mengingat berkembangnya sistem operasi android di Indonesia. Layanan yang tersedia pada aplikasi dapat diakses secara penuh melalui website yang diantaranya mendaftar pemilik kost, memasukkan data kost dan data kamar, pencarian data kost berdasarkan lokasi kost menggunakan peta dari google maps api.


Keywords


kost; android; googlemaps api;

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, 2009, Membuat Aplikasi Web dengan PHP+Database Mysql, ANDI.

Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC erbasis Android.INFORMATIKA: Bandung

Sholiq. 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan

UML.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simarmata, Janner.2011. Rekayasa Web, Analisis dan Desain Sistem, Rekayasa Informasi, Rekayasa Hypermedia, Interaksi Manusia dan Komputer, Rekayasa Kebutuhan, Data Mining, Manajemen Proyek. ANDI:Yogyakarta.

http://maps.google.com [25 Mei 2014]

http://phonegap.com/ [25 Mei 2014]




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i3.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.