Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Menggunakan Metode Technique For Order Prefence By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur

Nurhidayanti Nurhidayanti, Dedy Cahyadi, Zainal Arifin

Abstract


Pustakawan berprestasi terbaik adalah tenaga kerja perpustakaan yang memiliki prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pustakawan dalam mengolah perpustakaan adalah memberikan penghargaan melalui penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik. Masalah yang dihadapi sampai saat ini adalah sulitnya menyatukan persepsi juri dalam melakukan penilaian terhadap peserta, kondisi ini terjadi karena ketiadaan sistem yang baku dalam melakukan proses pemilihan pustakawan berprestasi terbaik, yang tentunya menambah jam kerja tim juri dalam melakukan penilaian dan tidak objektif. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik yang terkomputerisasi dalam mencari suatu keputusan yang tepat, efektif dan efisien. Sistem ini bertujuan membantu tim juri dalam menentukan pemenang pemilihan pustakawan berprestasi terbaik. Metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik adalah menggunakan metode Techique For Other Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Data nilai yang telah dimasukkan ke dalam sistem akan dihitung menggunakan metode TOPSIS, dengan mencari jarak terjauh dan terdekat dari solusi ideal positif dan negatif. Peserta dengan nilai tertinggi akan menempati urutan teratas dalam sistem ini. Perbandingan terhadap data hasil dengan sistem yang telah dibuat menghasilkan akurasi 80%.


Keywords


Pustakawan, Pemilihan Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS.

Full Text:

PDF

References


Ataei, E. (2013). Application of TOPSIS and fuzzy TOPSIS methods for plant layout design. World Applied Sciences Journal, 7, 908–913.

Fatansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Harliana. (2014). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengesub Menggunakan TOPSIS. Citek Journal, 1, 89–101.

Kosasi, S. (2002). Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Kunevi, A. M., & Laksana, T. G. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Posisi Striker Ideal Dalam Strategi Sepakbola Di Bina Putera Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). In ICT STMIK IKMI (pp. 16–31).

Mara, U. (2016). Penerapan Metode TOPSIS Untuk Penentuan Juara Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Menengah. JUTISI, 5(2).

Nofriansyah, D. (2015). Konsep Data Mining vs Sistem Penunjang Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Sulistyo, B. (2015). Pengantar Ilmu Pustakawan. Jakarta: Gramedia.

Syahrir, M. (2017). Pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional. Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan.

Utami, O. P. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SMA dengan menggunakan Metode Logika Fuzzy dan Simple Additive Weighting. Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v15i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.