RANCANG BANGUN MULTIFILE LOCKER APPLICATION MENGGUNAKAN METODE DATA ENCRYPTION STANDARD

Rifaidi Akbar, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Informasi yang berfungsi untuk memberi wawasan dan pengetahuan. Informasi disimpan dalam bentuk file dokumen atau media lainnya ke dalam penyimpanan komputer yang dapat dibaca dan dipahami oleh siapapun. Sering kali beberapa informasi yang bersifat rahasia dan hanya boleh dibaca dan diakses oleh user sendiri maupun orang tertentu. Salah satu cara untuk melindungi kerahasiaan informasi yaitu dengan menggunakan metode kriptografi untuk mengenkripsi file yang berisi informasi sehingga file menjadi teracak dan tidak dimengerti lagi maknanya. Salah satu algoritma kriptografi adalah metode Data Encryption Standard (DES) yang merupakan algoritma kriptografi modern dengan inputan kata kunci simetris dimana hanya membutuhkan satu kunci yaitu private key untuk mengenkripsi dan mendekripsinya. File yang diamankan digabung membentuk satu file baru yaitu adalah file hasil. File hasil adalah file dari hasil proses pengamanan dengan ekstensi EXE (*.exe) yaitu tipe executable file. File hasil diamankan dengan password untuk membuka dan memecahnya, sedangkan file yang diamankan dienkripsi dengan menerapkan metode Data Encryption Standard. Proses enkripsi pada file mengubah struktur asli hexa dari file sehingga file dalam keadaan teracak dan sulit dipahami. Diperlukan proses dekripsi untuk mengembalikan menjadi file yang dapat diakses, dibaca dan dipahami lagi.


Full Text:

PDF

References


Budhiarto, A. 2006. “Pengamanan Enkripsi Berkas Menggunakan Algoritma Data Standar Enkripsi”. SkripsiJurusan Sistem Informasi,

Fakultas IlmuKomputerUniversitas Gunadarma.

Irwan, C. 2010. “Enkripsi Pada QR Code Tiket Dengan RSA”.Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain.Yogyakarta : Andi.

Kadir, A. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi : Yogyakarta.

Kendall dan Kendall. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem. Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta : PT. Prehallindo

Munir, R. 2006. Kriptografi. Bandung : Informatika.

Noor, R dan Effendi. 2005. “Supplement Chapter 12 File Management System : Sistem Berkas”.Program Pasca Sarjana, Magister Teknologi Informasi,Universitas Indonesia, Jakarta.

Wiederhold, G. 2001. “Database Design”. Second Edition ; Restored for ACM.Chapter 5. Pp 2.

http://www.thefreedictionary.com/lock(diakses pada 13.35, tanggal 31/12/2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.