Implementasi Association Rules Dalam Menentukan Posisi Gerobak (Studi Kasus: Foodcourt Universitas Muhammadiyah Sukabumi)

Indra Griha Tofik ISA, Dicky Jhoansyah

Abstract


Teknologi Informasi telah menjalar ke berbagai aspek kehidupan yang berdampak pada semakin banyaknya data-data yang dihasilkan. Dengan semakin banyaknya data tersebut, perlu sebuah metode dalam meningkatkan kegunaan data yang dihasilkan. Data mining dapat digunakan untuk menggali informasi yang implisit dari data yang ada. Dalam penelitian ini akan mengekstraksi data penjualan foodcourt Universitas Muhammadiyah Sukabumi menjadi informasi yang sangat berguna bagi manajemen yakni rekomendasi posisi gerobak yang menjadi strategi pemasaran dalam penjualan. Analisis data menggunakan Association Rules dengan menggunakan algoritma Apriori. Tahapan penelitian diawali oleh pemilihan data yakni laporan penjualan periode 07 September 2017 hingga 18 Desember 2017, tahapan kedua data preprocessing dengan memilah data penjualan menjadi itemset barang yang dijual, tahapan ketiga dengan mengkonversi itemset barang yang dijual menjadi dummy variable dengan 17 kategori gerobak makanan dan minuman, tahapan keempat proses analisis Association Rules dengan menggunakan algoritma Apriori, tahapan terakhir interpretasi hasil analisis diterjemahkan ke dalam rekomendasi penentuan posisi gerobak


Keywords


Data Mining; Association Rules; Algoritma Apriori

Full Text:

PDF

References


Han, J., Kamber, M., & Pei, J. “Data Mining: Concept and Techniques”. San Fransisco, CA, itd: Morgan Kaufmann. 2012

Kusrini, Emha, L.T. “Algoritma Data Mining”. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2009

Larose, D.T. “Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining”. New Jersey: Wiley Interscience. 2005

Sensuse, G. G. “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) : Studi Kasus Percetakan PT.Gramedia”. Jurnal TELEMATIKA Vol. 4 (1). 2012. pp.118-132.

Syaifullah, M. A. “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Penjualan. STMIK AMIKOM Yogyakarta”. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom. 2010

Wandi, Nugroho, R. A. “Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)”. Jurnal Teknik ITS Vol. 1. 2012. pp.A-445-A-449.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i2.1273

Refbacks



Copyright (c) 2018 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.