WEBGIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITM A STAR (A*) (Studi Kasus: Kota Bontang)

Yuliani Yuliani, Fahrul Agus

Abstract


Sistem informasi geografis sebagai salah satu bidang ilmu yang sedang berkembang pesat, saat ini telah mampu menyelesaikan permasalahan routing, baik untuk masalah pencarian rute terpendek (shorthest path), maupun masalh TSP (travelling salesman problem). Sistem informasi geografis sudah banyak dikembangkan menjadi aplikasi-aplikasi GIS baik yang berbasis dekstop maupun berbasis web dalam berbagai bidang. Namun demikian masih sedikit sekali pengembangan aplikasi GIS yang mampu menyelesaikan masalah perutean pada peta geografis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi web-based GIS menentukan rute terpendek menuju kantor pemerintah Kota Bontang. Aplikasi penentu rute terpendek ini dibuat dengan menggunakan fungsi shorthest path astar yang dimiliki PgRouting, yang merupakan fungsi tambahan dari PostgreSQL/PostGis untuk menangani masalah routing pada peta geografis. Aplikasi ini juga menggunakan OpenLayers sebagai modul untuk menampilkan data peta pada web browser dan mapServer. MapServer sendiri adalah sebuah layanan untuk memproses dan menampilkan data spasial yang berasal dari database. Untuk sistem manajemen basis datanya digunakan DBMS PostgreSQL dan PostGis yang sudah mendukung tipe data spasial.

Keywords


sistem informasi; GIS;

Full Text:

PDF

References


Purwadhi, S. H. 1994. Aplikasi Penginderaan Jarak Jauh Dalam Ilmu Goegrafi, Prosper dan Penerapannya Untuk Pembangunan.Jakarta : Jurusan Geogrfi, Universitas Indonesia.

Asade, Andre.2011. Sistem Pencarian Rute Terpendek A* pada Jalan Protokol di Kota Medan Berbasis WeGIS. http://digilib.its.ac.id/repository/undergraduate. Diakses tanggal 10 Februari 2011.

Fowler, M. 2005. UML Distilled. panduan singkat bahasa permodelan objek standar Edisi 3. Yogyakarta:ANDI.

Diana Okta Pugas, Maman Somantri, Kodrat Iman Satoto, Jefrey. (2009) Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Djikstra dan A Star (A*) Pada SIG Berbasis Web Untuk Pemetaan Kota Sawahlunto. Jurnal Informatika, 1-2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i2.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.