PENYELESAIAN BOUNDED KNAPSACK PROBLEM MENGGUNAKAN DYNAMIC PROGRAMMING (Studi Kasus: CV. Mulia Abadi)

Sandi Kosasi

Abstract


Knapsack problem merupakan masalah optimasi kombinasi dengan tujuan memaksimalkan total nilai dari barang-barang yang dimasukkan ke dalam knapsack atau suatu wadah tanpa melewati kapasitasnya. Penelitian menekankan kepada bounded knapsack problem yang merupakan pengembangan dari 0-1 knapsack problem menggunakan algoritma dynamic programming. Penelitian berbentuk studi kasus dengan metode quasi eksperimental. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Untuk analisis dan perancangannya menggunakan metode OOAD (Object-Oriented Analysis and Design) dan pengujiannya menggunakan model V. Aplikasi ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java dengan kemampuan menentukan nilai prioritas tertinggi berdasarkan daftar barang dan harga yang optimal sesuai dengan anggaran belanja. Aplikasi ini mudah digunakan oleh pembeli, mulai dari memasukan kombinasi dari sejumlah daftar barang belanjaan yang dibutuhkan dengan batasan dari jumlah anggaran yang tersedia.

Full Text:

PDF

References


Bennett, McRobb, dan Farmer. Object Oriented System Analysis And Design Using UML, Edisi Kedua, McGraw Hill, Berkshire, 2006.

Bhowmik, Biswajit. Dynamic Programming–Its Principles, Applications, Strengths, and Limitations, International Journal of Engineering Science and Technology, Volume 2 (9), 4822-4826, India, 2010.

Hasibuan, Zainal A. Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Konsep: Metode Teknik dan Aplikasi, Depok, 2007.

Kellerer, Hans, Ulrich Pferschy, dan David Pisinger. Knapsack Problems. Springer, Verlag Berlin Heidelberg New York, 2004.

Richard Bellman, “ Dynamic Programming “, Princeton University Press.

Rush D Robinett III, “ Applied Dynamic Programming for Optimization of Dynamical Systems “, Siam

Sommerville, Ian. Software Engineering - Ninth Edition, Pearson Education Inc., Massachusetts., 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.