SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS MULAWARMAN MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

Decky Aspandi Latif, Hamdani Hamdani, Yulianto Yulianto

Abstract


Universitas Mulawarman melalui program - program studi yang ada telah menerapkan disiplin ilmu yang sesuai dengan kriteria dari setiap program studi tersebut, selama ini proses pemilihan program studi oleh calon mahasiswa dilakukan dengan beragam cara, sebagian besar calon mahasiswa hanya mempercayakan pilihan mereka kepada pihak lain entah orang tua ataupun teman dengan tingkat pengetahuan mereka terhadap diri calon mahasiswa masih tidak lebih baik dibandingkan dengan calon mahasiswa tersebut, sehingga hal ini akan mempengaruhi proses perkuliahan calon mahasiswa itu kelak.
Terdapat tiga kriteria utama bagi calon mahasiswa yang penting untuk dipertimbangkan, yaitu kriteria perminatan, kriteria kepribadian serta kriteria akademis, didalam penelitian ini dibangun Sistem penunjang keputusan dengan menggunakan metode Promethee sebagai metode yang cukup baik untuk menangani pengurutan data multikriteria, serta digunakan kuisioner untuk memproses data kriteria minat dan kepribadian dari calon mahasiswa.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa metode promethee mampu memberikan rekomendasi program studi yang memiliki kriteria yang sesuai dengan kriteria dari pengguna.


Full Text:

PDF

References


Daihani, D, U. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). STMIK Pontianak.

Metin, D. G. 2007. Decission making in equipment selcetion: an integrated approach with AHP and PROMETHEE .J Intell Manuf 2008: pp.397-406

Suryadi, K. dan Ramadhani, M. A.1998. Sistem Pendukung Keputusan: Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Pengambilan Keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Turban, E. 2005. Decision Support System and Inteligent Systems. Jilid1. Edisi 7. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.