Sistem Informasi Data Kriteria Rakyat Miskin Desa Liang Ilir Kecamatan Kota Bangun

Jainuddin Jainuddin, Fahrul Agus, Indah Fitri Astuti

Abstract


Perkembangan Tingkat Kemiskinan di Kalimantan Timur, Pada Juli 2016 sampai Desember 2016 mengalami penurunan, jumlah penduduk miskin di Kalimantan Timur pada Desember 2016 sebesar 252,68 ribu (6,31 persen). Dibandingkan dengan penduduk miskin pada Juli 2016 sebesar 253,60 ribu orang (6,42 persen), berarti jumlah penduduk miskin berkurang sebanyak 0,92 ribu orang (0,11 persen). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem manajemen data kriteria kemiskinan yang sumber datanya berasal dari pemerintah desa Liang Ilir dan Menghasilkan data keluarga miskin yang ideal dan tepat sasaran dalam membantu pemerintah daerah dalam program penanggulangan kemiskinan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan conteks diagram, DFD desain dan database ERD. Sistem Informasi data Kriteria Rakyat miskin ini dirancang untuk melihat bagaimana sistem yang dibangun tersebut bekerja secara nyata, Implementasi rancangan perangkat lunak yang dibuat  menggunakan database MySQL sumber data bersumber dari instansi pemerintah yang mengeluarkan kriteria kemiskinan diantaranya data BPS, BKKBN, BKKBN, serta jurnal dalam acuan penelitian, Sistem informasi data kreteria rakyat miskin telah menghasilkan data keluarga miskin yang ideal dan tepat sasaran yang bisa menjadi acuan pemerintah Desa Liang Ilir Kecamatan Kota Bangun, dalam memetakan kondisi rakyat kurang mampu.


Keywords


Sistem Informasi; Kriteria Rakyat Miskin; Waterfall;

Full Text:

PDF

References


Afuan, L. dan Azhari, SN. 2016. “Model Ontologi Untuk Informasi Pariwisata di Kabupaten Banyumas”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia Februari 2016. pp. 37-42

Athiyah. 2014. “Model Ontologi Untuk Resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI)”. Skripsi Sarjana Bidang Informatika, Universitas Sebelas Maret.

Berners-Lee, T., Hendler, J., Lassila, O. 2001. The Semantic Web. Scientific American.

Budiafajri, A. E. 2012. “Analisis Metode Ontologi Development 101 Untuk Membangun Model Data Obat”. Skripsi Sarjana Bidang Informatika, Telkom University.

Davies, J., Studer, R. dan Warren, P. 2006. Semantic Web Technologies - Trends and Research in Ontology-based Systems. England : John Wiley & Sons Ltd.

Fenn, J. 2006. “Managing Citations and Your Bibliography with BibTeX”. The PracTEX Journal, No. 4. pp. 1-19.

Fensel, D., Hendler, J., Lieberman, H. dan Wahlster, W. 2003. Spinning the Semantic Web : Bringing the World Wide Web to Its Full Potential. Massachusetts, USA : MIT Press

Gruber, T. R. 1993. “Toward Principle for the Design of Ontologies Used for Knowledge Sharing”. Technical Report KSL 93-04, Knowledge System Laboratory, Stanford University.

Novianti, K. D. P., Setiawan, N. A. dan Kusumawardani, S. S. 2014. “Perancangan Ontologi sebagai Teknologi Penyimpanan Informasi untuk Penelusuran Pustaka pada SIRREF JTETI UGM”. Jurnal Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i1.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.