APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN TUJUAN WISATA HOTEL DAN ALAM DI INDONESIA

Amos Marthen, Hamdani Hamdani

Abstract


Pesatnya perkembangan dunia pariwisata, tidak diiringi dengan perkembangan teknologi yang digunakan. Hal ini berpengaruh terhadap calon wisatawan yang hendak berwisata kesuatu daerah. Calon wisatawan merasa bingung atas kurang jelasnya berita mengenai objek wisata yang sesuai dengan biaya yang dibutuhkan untuk dapat berliburan ke daerah tersebut. Sehingga calon wisatawan dapat meminimalkan besarnya biaya yang yang akan dikeluarkan. Maka diperlukan suatu metode pengelompokan biaya yang dibedakan berdasarkan mahal, sedang, dan murah. Pada penelitian ini sistem dibuat menggunakan parameter biaya berdasarkan biaya hotel, biaya restoran, jarak tempat wisata ke hotel, jarak tempat wisata ke restoran dan lama liburan. Data kriteria disesuaikan dengan biaya yang disediakan oleh calon wisatawan dan lama waktu berlibur. Proses dilakukan dengan cara pembobotan dari 1 hingga 100 pada masing-masing kriteria kelompok data harga kamar pada hotel, harga makanan pada restoran, jarak antara tempat wisata dengan hotel dan jarak antara tempat wisata dengan restoran. Data yang dihasilkan merupakan penggurutan data dari nilai tertinggi kenilai terendah. Berdasarkan data pengujian, sistem pendukung keputusan menghasilkan rekomendasi Pulau Komodo sebagai alternatif pertama dalam penentuan tujuan tempat wisata.

Full Text:

PDF

References


Hamdani dan Hartati, S. 2011. Geographics Visualization For Decision Support System Of Culinery Tourism Use Rule Of Thumb Methode. Prosiding: Seminar Nasional Teknik Informatika. UAD Yogyakarta. Hal. 91-99.

Turban. E., Aronson J.E., dan Liang.T.P., 2005. Decision Support Systems and Intellegent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Edisi 7 Jilid I. Andi. Yogyakarta.

Kusumadewi, S. dan Hari, P.2004. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryadi, K., dan Ramdhani, M.A., 2000. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.