PENGEMBANGAN PERENCANAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SISWA KELAS X SMA

Mugianto Mugianto, Ahmad Ridhani, Syaiful Arifin

Abstract


ABSTRACT

 

This development aims to develop learning implementation plan, and develop evaluation of lesson planning to write text of observation report with model of project-based learning of class X SMA Negeri 1 Sendawar. The development method used is Research and Development (R & D) with Borg & Gall development model. The study population is all students of class X SMA Negeri 1 Sendawar which amounts to 93 students. Trials are conducted in two stages: test by small groups and large group trials or field trials. Observation data collection techniques, interviews, and tests. Data were analyzed using descriptive and descriptive quantitative statistics. Development of the implementation of learning to write text reports of observation results of project-based learning model on high school students X high school has a very good response. This result is obtained from the assessment instrument of students as much as 60 students and shows the percentage value of 92.57% fall into very good category. Product development of learning planning writing text observation report with project-based learning model has a very good quality shown by the excellent design validator validation of 97% and excellent material validator assessment of 95%. Product development of learning planning to write text of observation result with model of project-based learning is effective in improving student learning outcomes as evidenced by the average increase of student learning outcomes in small groups of 67.16% value increased to 87.16%.
 
Keywords: development, observation, and project-based reports

 

ABSTRAK

 

Pengembangan ini bertujuan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan mengembangkan evaluasi perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas X SMA Negeri 1 Sendawar. Metode pengembangan  yang digunakan adalah Research and Development  (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sendawar yang berjumlah 93 orang siswa. Uji coba dilakukan dua tahap yaitu: uji oleh kelompok kecil dan uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Pengembangan pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X SMA memiliki respons yang sangat baik. Hasil ini diperoleh dari instrumen penilain respons dari siswa sebanyak 60 siswa dan menunjukan nilai persentase 92,57% masuk dalam kategori sangat baik. Produk pengembangan perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran berbasis proyek memiliki kualitas yang sangat baik ditunjukan dengan penilaian validator desain sangat baik sebesar 97% dan penilaian validator materi sangat baik sebesar 95%. Produk pengembangan perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kecil dari nilai sebesar 67,16% mengalami peningkatan menjadi 87,16%.

 

Kata kunci: pengembangan, laporan hasil observasi, dan berbasis proyek

 

 



Full Text:

PDF

References


Abidin. Yunus. 2013. Pembelajaran bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar (ed). 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatof, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakrta Bumi Aksara.

Darmadi, Kaswan. 1996. Peningkatan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.

Dini Mutiara. dkk. 2015. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/7442 Diunduh 5 maret 22017, pukul 09.30 wita.

Ghazali, Syukur. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif: Bandung Refika Aditama.

Hasan Iqbal. M. (2002). Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Juliawati. Ni Ketut, dkk. 2015 Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/6254/4376. Diunduh tanggal 5 Maret 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013A. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

_______. 2013B. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

_______. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2016. Panduan Penilaian oleh Pendidik untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Flores: Nusa Indah.

Kosasih, E. 2012. Dasar- Dasar Keterampilan Menulis . Bandung: Yrama Widya.

________. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013: Bandung: Yrama Widya.

________. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Masruroh, Jazilatul. 2017. Report Teks, Penjelasan dan Struktur. Dalam http://www.englishindo.com/2012/03/report-text-penjelasan contoh.html#definition%20of%20report%20text, diunduh 5 Maret 2017.

Margono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rienika.

Mustakim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuryanti. Mira. dkk. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran sastra pada Siswa Kelas VIII SMP SeKabupaten Cirebon. Diunduh tanggal 5 Maret 2017 dari

ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/download/mira/186.

Permendikbud. 2013 No. 69. Tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

_________________No. 81 A. 2013. Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2016. Nomor 21, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2016. Nomor 23, Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. Tahun 2016. Nomor 24 KD-KI Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanti. Indah. 2015. Pengmbangan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi yang Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Siswa SMP. Dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6852. Diunduh 5 Maret 2017, pukul 08.00 wita.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Septarianto dan Subiantoro. 2016. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Bermuatan Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kekas X SMA. Diunduh tanggal 5 Maret 2017 dari

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/13087.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana. 1996. Metode Statistik. Edisi V. Bandung: Barsito.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Ketermpilan Berbahasa: Bandung Angkasa.

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visimedia Pustaka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Jakarta. Bumi Aksara.

Wena. Made. 2015. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. Muri.A. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zainurrahman 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme) Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mugianto Mugianto, Ahmad Ridhani, Syaiful Arifin

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License