PENGEMBANGAN MEDIA BLOG DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA

Resmi Sari, Yusak Hudiyono, Rahmad Soe’oed

Abstract


Abstract

 

This research aims to produce of blog-based media development in learning anecdote text writing with X class replication. The research method used is the research development method which is ASSURE development design. Data analysis is using problem test, instrument and questionnaire. The results of media development research stated that blog-based learning media developed is appropriate. The results of development research show 1) The feasibility of developing a blog media learning design, the results of material expert validation for learning materials based on blogs of 98 are in excellent qualifications. The results of validation of educational practitioners for media and blog-based learning materials of 99 are in excellent qualifications. The results of validation of media learning experts for blog-based learning media of 100 are in excellent qualifications; 2) The feasibility of the media of the learning blog by the teacher shows that at the time of the limited trial of the material aspect and presentation showed a negative response with the frequency of the total percentage of 75%, increasing to 100% during trial after revision; 3) The effectiveness of learning both indicated by the completeness of the learning result of concept comprehension on anecdotal text writing material as well as writing skill is exceeded with value ≥75, student learning outcomes have exceeded KKM with 100% completeness percentage with mean score 83,4. The development of a learning blog media writing anecdotal text has the feasibility, practicality, and effectiveness. Based on the research findings, it is concluded that the development of blog-based learning media as a medium in learning can be studied independently to overcome one of the teaching problems.

 

Keywords: writing lesson, media blog, anecdotal text

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media berbasis blog dalam pembelajaran menulis teks anekdot dengan replikasi kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan pembelajaran model ASSURE. Analisis data menggunakan tes soal, instrumen dan angket. Hasil penelitian pengembangan media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis blog yang dikembangkan sudah sesuai. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) kelayakan pengembangan desain pembelajaran media blog, hasil validasi ahli materi untuk materi pembelajaran berbasis blog sebesar 98 berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil validasi praktisi pendidikan untuk media dan materi pembelajaran berbasis blog sebesar 99 berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil validasi ahli media pembelajaran untuk media pembelajaran berbasis blog sebesar 100 berada pada kualifikasi sangat baik; (2) kelayakan media blog pembelajaran oleh guru menunjukkan bahwa pada saat ujicoba terbatas aspek materi dan penyajian menunjukkan respon negatif dengan frekuensi persentase total 75%, meningkat menjadi 100% saat ujicoba lapangan setelah revisi; (3) keefektifan pembelajaran baik yang diindikasikan oleh ketuntasan hasil belajar pemahaman konsep pada materi menulis teks anekdot maupun keterampilan menulis terlampaui dengan nilai ≥75, hasil belajar siswa telah melampaui KKM dengan persentase ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 83,4. Pengembangan media blog pembelajaran menulis teks anekdot memiliki kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis blog sebagai media penyampai pesan dalam pembelajaran dapat dipelajari secara mandiri untuk mengatasi salah satu permasalahan mengajar.

 

Kata kunci: pembelajaran menulis, media blog, teks anekdot

 

 


Full Text:

PDF

References


Abiding, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama.

Arsyad, A. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

BNSP. 2006. Panduan Penyususnan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedubes AS.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, N. K. A., Martha, I. N., Gunatama, G., & Hum, M. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik denga n Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Depdiknas. 2006. Peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Gagne, R. M., Briggs, L. J., and Wager, W. W. (1998). Principles Of Instructional design. ORLANDO: Holt, Rinehart, and Winston, Inc.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bnadung: Citra aditya Bakti.

Huette, S. 2006. Blogs in Education. Universiti of Oregon. Tersedia pada http://tep.uoregon.edu/shared/blogswikispodcasts/BlogsInEducation.pdf diakses pada tanggal 5 Juli 2017.

Joshi, M., Chugh, R. 2009. New Paradigm In The Teaching and Learning Of Accounting. Use Education Blogs For Reflective Thinking International Journal Of Education and Development Using Information and Communication Tecnology. https://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/ diakses tanggal 1 Maret 2017.

Kardi, S. 2002. Mengembangkan tes hasil belajar. Surabaya: Unesa University Press.

Kurniawati. 2009. Tesis “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan Tematis”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Laurahasiel. 2009. “Multimedia dalam pembelajaran”. http://laurahasiel.word press.com/2009/06/19/Multimedia-Dalam-Pembelajaran/ diakses tanggal 23 Mei 2017.

Lu’mu Tasri. 2011. Jurnal Penelitian Pengembangan “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web” Malang: Universitas Negeri Malang. http://www.academia.edu/8317096/Lumu_Tasri_Pengembangan_Bahan_Ajar_Berbasis_Web Diakses tanggal 27 Desember 2016.

Mahendra, I Gede Jaka. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog pada mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi kelas VII SMP 1 Sukasada. Jurnal. Tersedia pada https://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/idex.php/jurnal-tp/article/dounload/287/182/1/Sm-pdf diakses tanggal 1 Maret 2017.

Munandar, A. H. 2016. Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X (Doctoral dissertation, UNY).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Politeknik Telkom. 2012. Pelatihan penulisan blog wordpress. Tersedia pada http://ppm.politekniktelkom.ac.id/GGMI/materi/Blog.pdf diakses pada tanggal 22 Juni 2017.

Pujawan. 2014. Pengembangan Bahan ajar Berbasis Teks Anekdot dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Semarapura. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Rivai, A. D. 2011. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Algesindo.

Sadiman, A.S. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, H. W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan. Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK tanggal 12–14 Januari 2009. Di kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Smaldino, S. E, Lowther, D.L & Russel, J. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono. 2011. Penerapan Prinsip-Prinsip Desain Pesan Dalam Program Kaset Audio. Yogyakarta: FIP UNY.

Suyanto, A. H. 2005. Mengenal e-learning. Tersedia pada http://jurnalkom puter.com/attachments/007mengenal%20e-learning.pdf diakses tanggal 28 juni 2017.

Suyanto. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa Group.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Resmi Sari, Yusak Hudiyono, Rahmad Soe’oed

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License