TEKNIK PENCERITAAN DALAM KUMPULAN CERPEN HARGA DIRI KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA TINJAUAN FORMALISME RUSIA

Herawati Tarigan, Akhmad Murtadlo, Dahri Dahlan

Abstract


Fokus penelitian ini menggunakan konsep Victor Shklovsky untuk mendeskripsikan teknik penceritaan yang digunakan pengarang dalam kumpulan cerpen yang berjudul Harga Diri. Teori Formalisme Rusia akan digunakan peneliti untuk memaparkan teknik penceritaan pengarang dan sarana retorika yang dipilih pengarang dalam memperlambat dan mengulur-ulur kisah dalam cerpen. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dan sumber data terdapat dalam tujuh kumpulan cerpen Harga Diri. Teknik penyediaan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian analisis menggunakan teori Formalisme Rusia pada kumpulan cerpen dapat menunjukan teknik-teknik yang digunakan pengarang dalam pengasingan cerita. Teknik yang digunakan adalah tekni penceritaan orang pertama, teknik penceritaan orang ketiga, teknik penceritaan orang campuran, teknik monolog interior, teknik pengamatan, teknik dialog dan teknik imbas kembali dan pengarang menggunakan gaya bahasa untuk memperindah peristiwa di dalam cerita  yaitu terdapat gaya bahasa hiperbola, majas sarkasme, majas perumpamaan, majas sinestesia, majas metafora, majas metonimia, majas personifikasi, dan majas antithesis. Pada akhir cerita, pengarang memanfaatkan suspence untuk menimbulkan efek kejutan atas kenyataan mengenai kehidupan tokoh.


Keywords


Cerpen; Formalisme; Teknik Penceritaan

References


Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Mustofa, Biari. 2008. Metode Menulis Skripsi & Tesis. Yogjakarta: Optimus.

Pernyata, Syafruddin. 2009. Kumpulan Cerpen Harga Diri. Samarinda: Pustaka Spirit.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rokhmansyah, Alfian. 2017. Orde baru sebagai landasan fabula dalam novel entrok karya okky madasari: kajian formalisme rusia. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 1(1), 39-51. http://dx.doi.org/10.30872/calls.v1i1.708

Saleh, Fatuloh. Teori Formalisme ¬– Balaghah dalam Jurnal Humaniora, Vol. XX No. 1 (2014) https://journal.uinjkt.ac.id>index.php>al-turats>article>download (diakses 2 Mei 2019).

Shklovsky, Victor. 1989. “Art and Technique” dalam Modern Literary Theory: A Reader. Philip Rice dan Patricia Waugh (ed.). Great Britain: Edward Arnold.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v5i3.3947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herawati Tarigan, Akhmad Murtadlo, Dahri D.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License