PERJUANGAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN KAJIAN FEMINISME SOSIALIS

Ita Rosita, Yusak Hudiyono, Irma Surayya Hanum

Abstract


Novel Ibuk menghadirkan tokoh perempuan yang tangguh dan berjuang untuk mendapatkan kesetaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan kajian feminisme sosialis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu untuk memperoleh informasi dan gambaran perjuangan tokoh perempuan dalam novel Ibuk berdasarkan teori feminisme sosialis. Teknik pengumpulan data yang diguunakan dalam penelitian ini yaitu teknik baca,simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan, selanjutnya data disajikan dalam bentuk kutipan kalimat yang mengandung unsur feminisme sosialis berdasarkan fakta cerita pada novel melalui alur, tokoh dan penokohan serta latar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta cerita pada novel Ibuk karya Iwan Setyawan, terdiri atas tokoh dan penokohan, alur, dan latar. tokoh-tokoh yang berperan dalam novel ini mempunyai peranan tokoh utama dan tokoh tambahan. Latar secara umum berada di Kota Batu dan New York, dengan suasana kehidupan pedesaan dan perkotaan. Novel ini menggunakan alur maju. Perjuangan tokoh perempuan dalam menghadapi sistem kapitalis terdiri dari beban kerja dan bentuk perjuangan perempuan mendapatkan upah dan biaya untuk kehidupan serta pendidikan anak-ananya, sedangkan perjuangan perempuan menghadapi sistem patriarki dilihat dari kepemilikan pribadi yang dialami perempuan dan bentuk perjuangan agar anak-anaknya tidak hidup seperti dirinya.


Keywords


Tokoh perempuan, novel, feminisme sosialis

References


Andriani, Sri. 2017. Feminisme Sosialis dalam Novel Surga yang Tak Drindukan Karya Asma Nadia.

Dilah, G., & Zahro’, A. 2021. Kecerdasan Emosional Tokoh Perempuan Muslimah dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 37-48. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.89

Fathoni, Shodiq Rifai. 2016. Mengupas Tuntas Sejarah Kapitalisme.(diakses, 8 Januari 2020).

Kasiyan. 2008. Manipulasi Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak.

Lathifah. 2015. BAB III Metode Penelitian. https://digilib.uns.ac.id (diakses, 9 Februari 2019).

Lesmana, I. B. G. A. S., Udasmoro, W., & Hayuningsih, A. A. C. 2021. Konstruksi dan Kontestasi Kuasa Perempuan pada Naskah Drama Les Bonnes Karya Jean Genet . Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 65-78. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.124

Mbulu, nthonia Paula Putri. 2017. Citra Perempuan dalam Novel Suti Karya Sapradi Djoko Damono. Kajian : Kritik Sastra Feminisme.

Milles, M.B. Matthew dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Diterjemahkan Bahasa Indonesia oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nugroho, Riant. 2011. Gender dan Strategi Pengarus Utamaannya di Indonesia. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nursisto. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Rokhmansyah, A., Valiantien, N. M., Giriani, N. P. 2018. Kekerasan terhadap perempuan dalam cerpen-cerpen karya oka rusmini. Litera, 17(3), 279-298. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/16785

Rokhmansyah, Alfian. 2016. Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Garidhawaca: Yogyakarta.

Setyawan, Iwan. 2017. Ibuk.Jakarta: PT. Gramedia.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti dan Suharto, 2013. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Thorham, Sue. 2010. Teori Frminist dan Cultural Studies: Tentang Relasi yang Belum Terselesaikan. Jalasutra: Yogyakarta.

Tong, Rosemarie Putnam. 1998. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Aquarini Priyatna Prabosmoro. Yogyakarta: Jalasutra.

Ulfa.M, 2015. Teori Feminisme Sosial. (diakses, 18 Oktober 2019).

Warani, Adi. 2016. Sejarah, pengertian dan Struktur, kadar dan Bentuk Ideologi Patriarki. (diakses, 23 Desember 2019).

Wikandari dan Cahyo. 2016. Landasan Ontologi Sosialisme. Universitas Gajah Mada.

Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Wolf, Naomi. 1997. Gegar Gender Kekuasaan Perempuan Menjelang Abad 21. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Omi Intan Naomi. Yogyakarta:Pustaka Semesta Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v5i2.3503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ita Rosita, Yusak Hudiyono, Irma Surayya Hanum

Redaksi Jurnal Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 
Phone: +6287786318599

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.