CAMPUR KODE DAN INTERFERENSI PADA PERCAKAPAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS MULAWARMAN: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Ade Julia, Syamsul Rijal, Purwanti Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk campur kode pada percakapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman; (2) mendeskripsikan bentuk interferensi pada percakapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman; dan (3) menguraikan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan interferensi pada percakapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan lisan mahasiswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik lanjutan berupa simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan teknik agih dengan teknik bagi unsur langsung untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan interferensi. Kemudian, metode padan dengan teknik pilah unsur penentu untuk mendeskripsikan faktor penyebab campur kode dan interferensi pada percakapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan bentuk campur kode berupa penyisipan kata, penyisipan frasa, perulangan kata, penyisipan baster, dan penyisipan idiom. Kedua, ditemukan bentuk interferensi berupa interferensi fonologi, yaitu pada pengurangan bunyi fonem dan perubahan bunyi fonem, dan interferensi morfologi. Ketiga, faktor penyebab terjadinya campur kode dapat dilihat dari faktor ekstralinguistik, yaitu status sosial, sikap penutur, lingkungan, kebiasaan, kekerabatan, keinginan untuk menjelaskan, dan menyatakan prestise. Faktor intralinguistik, yaitu tidak adanya padanan kata dan kesesuaian maksud. Faktor penyebab terjadinya interferensi, yaitu, lingkungan, prestise bahasa dan gaya bahasa, dan terbawanya kebiasaan dalam bahasa ibu.


Keywords


campur kode, interferensi, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Anonim. 2012. “Profil Universitas Mulawarman”. http://old.unmul.ac.id/pages/ statis/1 (diakses 4 Maret 2018).

Anonim. 2014. “Sejarah FIB”. http://fib.unmul.ac.id/?p=10&a=&b=18 (diakses 3 April 2018).

Arsyad, H., Rijal, S., & Rokhmansyah, A. 2020. Makna Konseptual Dan Makna Asosiatif Narasi Iklan Rokok Di Televisi. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 4(2), 277-289.

Aslinda dan Leni Syahyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2002. Psikolinguistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapasau, Merry dan Arifin, Zaenal. 2016. Sosiolingistik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Press.

Nababan, P. W. J. 1993. Sosiolinguistik. Jakarta: Gramedia.

Pateda, Mansyur. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Putri, Pratiwi Cerianing. 2015. “Campur kode dan Interferensi di Lingkungan Kos Avito” dalam jurnal bahastra, vol 34, no.1 (2015). http://journal.uad.ac.id/index.php/BAHASTRA/article/view/3973 (diunduh 3 Januari 2018).

Rahardi, Kunjana. 2010. Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih kode. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rhosyantina, Laura Is. 2014. “Alih Kode, Campur Kode, dan Interferensi dalam Peristiwa Tutur Penjual dan Pembeli di Ranah Pasar Tradisional Cisanggarung Losari Kabupaten Brebes” dalam jurnal eprints@UNY(2014). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18405 (diunduh 3 Januari 2018).

Suandi, Nengah I. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwito. 1985. Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henary Cipta.

Thamimi, Sulissusiawan Ahadi, Syam Christanto. 2015. ”Campur Kode dan Interferensi Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra IKIP PGRI Pontianak” dalam jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, volume 4, nomor 12. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12947 (diunduh 3 Januari 2018).

Universitas Mulawarman. 2014. ”Pedoman Universitas Mulawarman 2014”. Samarinda: Unmul Q.

Yusuf, Suhendra. 1994. Teori Terjemah Pengantar ke Arah Pendekatan Linguistik dan Sosiolinguistik. Bandung: Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i2.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Julia, Syamsul Rijal, Purwanti

Redaksi Jurnal Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 
Phone: +6287786318599

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.