ANALISIS NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DITINJAU DARI SOSIOLOGI SASTRA

Mirnawati Mirnawati, Akhmad Murtadlo, Syamsul Rijal

Abstract


Pada novel Surat Kecil untuk Tuhan, Agnes Davonar menggambarkan dan mencoba memperbincangkan kehidupan manusia yang sedang mencari jalan keluar yang bijak atas permasalahan hidup yang dialami. Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar merupakan sebuah karya sastra yang tidak cukup dinikmati saja, melainkan perlu mendapat tanggapan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur intrinsik novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan mendeskripsikan masalah sosial novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan gambaran kata-kata dan simbol-simbol penuh makna bukan angka dan lukisan secara sistematis serta menggunakan metode deskriptif yang penerapannya bersifat menuturkan, mengklarifikasikan, menganalisis data dan menafsirkan. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa unsur-unsur yang membangun novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar secara fungsional memiliki keterkaitan tema, alur, tokoh, dan latar. Penelitian aspek sosial novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dengan menggunakan tinjauan sosiologi sastra menemukan dua hal, yaitu perjuangan, religious (ikhlas dan pasrah), pendidikan dan persahabatan.

 

In Surat Kecil untuk Tuhan novel, Agnes Davonar describes and tries to discuss human life which is looking for a wise solution to the problems of life experienced. Agnes Davonar's Surat Kecil untuk Tuhan novel is a literary work that is not enough to be enjoyed, but needs a scientific response. The purpose of this research is to describe the intrinsic element of Agnes Davonar's Surat Kecil untuk Tuhan and describe the novel's social problem Surat Kecil untuk Tuhan by Agnes Davonar. This research is qualitative, namely research that describes the description of words and symbols full of meaning rather than numbers and paintings systematically and uses descriptive methods whose application is narrative, clarifying, analyzing data and interpreting. The results of this study can be explained that the elements that make up the novel Surat Kecil untuk Tuhan by Agnes Davonar are functionally related to themes, lines, characters, and settings. Agnes Davonar's research on the social aspects of the novel Surat Kecil untuk Tuhan by using a review of literary sociology found two things, namely struggle, religion (sincerity and submission), education and friendship.


Keywords


Surat Kecil untuk Tuhan novel, sociology of literature

References


Alwi, Hasan dan Dendy Sugono. 2002. Telaah Bahasa dan Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Anwar, Sefudin. 2017. “Aspek-Aspek Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk TuhanKarya Agnes Davonar dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran” dalam Jurnal Pendidikan. FKIP – Universitas Pancasakti Tegal.

Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Davonar, Agnes. 2012. Surat Kecil Untuk Tuhan. Jakarta : Narasi.

Dwi, Ratnasari. 2015. Analisis Sosiologi Sastra dalam Novel Purnama KingkinKarya Sunaryata Soemardjo.Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol. 7 No. 3.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Jakarta: PT. Buku Kita.

Faruk. 1994. Pengantar Sosiologi Sastra: Dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriansyah, Arifin, S., & Rijal, S. 2019. “Analisis Novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Ditinjau Dari Aspek Sosiologi” dalam Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya), 3(2), 131-137.

Goldmann, Lucien. 1977. Method in the Sociology of Literature. Diterjemahkan oleh William Boelhower. Oxford: Basil Blackwell.

Idianto M. 2004. Sosiologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Juliansyah, Arifin, S., & Rokhmansyah, A. 2018. “Analisis Novel Ada Surga Di Rumahmu Karya Oka Aurora Ditinjau Dari Aspek Sosiologi Karya Sastra” dalam Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya), 2(4), 337-346.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Winarni. 2003. Kajian Sastra. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saraswati. 2003. Sosiologi Sastra: Sebuah Pemahaman Awal. Malang: Bayu Media dan UMM Press.

Semi, M. Atar. 1993. Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa.

Soekanto. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sulistiono.1999. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.

Sumardjo, Jacob. 2004. Segi Sosiologis Novel Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Suroto.1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Henry Guntur. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 1984.Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Waluyo dan Wardhani. 2002. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Widya Sari Press Salatiga.

Wellek, Rene and Warren Austin.1993. Teori Kesusastraan Terjemahan Melani Budiyanto. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Weststeijn, Willem G. 1984. Pengantar Ilmu Bahasa. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wiyatmi. 2005. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v3i3.1998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mirnawati, Akhmad Murtadlo, Syamsul Rijal

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License