IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO.04 TAHUN 2010 TENTANG PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Asmi Riyandi Elvandar, Hartutiningsih ., Dan Buntu Paranoan

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 04 Tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Pelayanan Terpadu Kecamatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Analisis data yang digunakan adalah model Interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman melalui tahapan-tahapan.Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 04 tahun 2010 tentang pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten), di Kantor Camat Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara secara implementatif menunjukkan indikasi cukup baik. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil temuan di objek penelitian, yang didasarkan atas sub fokus penelitian yang ditetapkan. Secara akumulatif pelayanan administrasi terpadu telah menunjukkan perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan, meski demikian masih ada beberapa faktor yang perlu dilakukan pembenahan, terutama mengenai sarana operasional perlu ditingkatkan agar layanan pada masyarakat dapat diselesaikan tepat waktu.


Full Text:

PDF

References


Anonim, Undang – undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang Pelayanan Umum. Indonesia. Jakarta.

________, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

________, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 04 tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, Indonesia. Jakarta.

Moenir, H.A.S. 1996. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta

Thoha, Mifftah,2003, Birokrasi Politik. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Akbar Faisal Budi, 2006. Implementasi Peraturan Daerah Implementasi Peraturan Daerah No 34 Tahun 2003 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (studi Tentang Pemberlakuan KTP sementara, (SKRIPSI) Samarinda.

Lubis, Solly. M, 2007, Kebijakan Publik, Mandar Maju, Bandung.

Mardiasmo, 2004, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Putra, Fadillah, 2003, Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik, Pustaka Pelajar, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.