PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA DI DESA LUNG ANAI KECAMATAN LOA KULU

Sri Murni, Muhammad Jamal Amin, Nur Fitriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apa-apa saja peranan CSR dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa Di Desa Lung Anai dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif metode kualitatif, dengan fokus penelitian peranan CSR meliputi : pembangunan infrastruktur, pembangunan masyarakat dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan kesejahteraan masyarakat serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa dengan adanya program CSR. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan CSR (Corporate Social Responsibility) dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa di desa Lung Anai Kecamatan Loa Kulu ternyata mempunyai implikasi dalam mendorong perubahan atau peningkatan pembangunan desa. Meskipun secara keseluruhan belum merata hasil pembangunan yang dirasakan masyarakat desa, tetapi telah menunjukkan adanya perubahan yang cukup berarti terhadap perkembangan dan kesejahteraan masyarakat serta keadaan sosial ekonomi masyarakat, dengan program pembangunan infrastruktur jalan lingkungan dan bangunan fasilitas umum, peningkatan SDM, kesejahteraan masyarakat baik ekonomi sosial, kesenian dan budaya. Kendala yang dihadapi yaitu kondisi geografis wilayah yang cukup jauh dari Pusat Kecamatan, potensi sumber daya manusia yang dimiliki Desa Lung Anai masih belum memadai serta pengelolaan CSR yang belum maksimal, kurangnya kerjasama antara Forum dan Desa dalam perencanaan suatu pembangunan serta pengawasan yang masih terbatas.


Full Text:

PDF

References


Antonim, Undang-Undang Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Buku Pedoman Penulisan Tesis Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, 2014.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. mada University Press, Bandung.

Mukti Fajar. 2010. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Indonesia: Studi tentang Penerapan Ketentuan CSR Pada Perusahaan Multinasional, Swasta Nasional dan BUMN Di Indonesia, Pustaka Pelajar, Jakarta.

Munir TKA. 2010. Desain Pemberdayaan Masyarakat Mengefektifkan Aksi Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) : Kasus di Perusahaan Riaupulp Provinsi Riau. Tesis. Program Studi Pengembangan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Peranan CSR Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat Desa (Sri, Murni)

Sulistiyani, A.T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Gava Media, Jogyakarta.

Supriatna, Tjahya. 1997. Strategi Pembangunan dan Kemiskinan, Rineka Cipta, Jakarta.

Untung, Budi. 2014. CSR Dalam Dunia Bisnis Ed. I, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Urip, Sri. 2014. Strategi CSR : Tanggung Jawab Social Perusahaan Untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan Di Pasar Negara Berkembang, Anggota IKAPI, Penerbit Literati Imprint dari penerbit Lentera Hati, Tangerang Selatan.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility).: Fascho Publishing, Gresik.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i1.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License