PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURUBDALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 001 SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Nurmala Widhowaty, Aji Ratna Kusuma, Abdullah Karim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui upaya pengembangan kompetensi guru dikaitkan dengan implementasi kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan dan key informan dan observasi di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan Analisis Data Model Interaktif (Miles dan Hubberman).Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya pengembangan kompetensi guru dalam rangka implementasi kurikulum 2013 di SDN 001 Sangatta Utara adalah dengan mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur. Dari data menunjukkan bahwa kualifikasi guru di SDN 001 Sangatta Utara sudah cukup baik, karena seluruh guru telah memiliki kualifikasi minimal S1 atau D4. Disisi lain guru yang belum memperoleh sertifikasi masih cukup banyak. Ini menunjukkan kompetensi guru di sekolah tersebut masih rendah. Pelatihan kurikulum 2013 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Program pendampingan guru masih kurang efektif, karena jumlah guru yang mengikuti program ini sangat sedikit, tidak seimbang dengan jumlah guru yang ada di sekolah tersebut. Sebagai faktor pendukung yaitu adanya dukungan kebijakan pemerintah melalui program-program pengembangan kompetensi guru  serta ketersediaan dana dan sarana-prasarana yang cukup. Faktor penghambat diantaranya kemauan dan kemampuan guru yang rendah, dan adanya keterlambatan penyediaan sarana penunjang pembelajaran seperti buku-buku, serta keterbatasan kemampuan dari instruktur pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI, Jakarta.

Depdiknas. 2005. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Depdiknas RI, Jakarta.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Depdiknas RI,Jakarta

Depdiknas. 2007. Peraturan Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Depdiknas RI, Jakarta.

Depdiknas. 2012. Permendikbud RI No. 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan, Depdiknas RI. Jakarta.

Depdikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013, Depdikbud RI Jakarta.

Depdikbud, 2014. Peraturan Bersama Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Direktur Jendral Pendidikan Menengah Kemendikbud No. 5496/C/KR/2014 dan No. 7915/D/KP/2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah, Depdikbud RI Jakarta.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan, Kata Pena, Surabaya.

Miles dan M. Huberman. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, Ghalia Indonesia, Jakarta

Moleong. Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),Cetakan Kesatu, Alfabeta, Bandung.

Suprihatiningrum. Jamil. 2013. Guru Profesional, Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru, Cet. 1, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i1.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License