PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TELEVISI REPUBLIK INDONESIA (LPP TVRI) KALIMANTAN TIMUR

Prabadwipa Meidianwar, Anthonius Margono, Djumadi .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang merupakan pegawai pada LPP TVRI Kalimantan Timur yang berjumlah 52 orang beserta Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dihasilkan persamaan regresi Y = 1,542 + 0,343 X1 + 0,256 X2 yang berarti terdapat hubungan yang positif dan searah antara variabel X terhadap variabel Y. Sehingga setiap peningkatan kemampuan kerja dan motivasi kerja maka akan meningkatkan kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur. Korelasi yang dihasilkan berdasarkan nilai R adalah sebesar 0,640 yang berarti bahwa secara bersama-sama kemampuan kerja dan motivasi kerja memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur. Sedangkan nilai R square (R2) yang dihasilkan adalah 0,410 yang berarti bahwa secara bersama-sama kemampuan kerja dan motivasi kerja mampu mempengaruhi kinerja pegawai LPP TVRI Kalimantan Timur sebesar 41 %, sedangkan selebihnya sebesar 59 % kinerja pegawai ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil uji t variabel kemampuan kerja (X1) memiliki nilai thitung > ttabel sebesar 3,150 > 1,6766 dan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan kerja terhadap variabel kinerja pegawai pada LPP TVRI Kalimantan Timur. Hasil uji t variabel motivasi kerja (X2) memiliki nilai thitung > ttabel sebesar 2,489 > 1,6766 dan nilai signifikasi 0,016 < 0,05. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap variabel kinerja pegawai pada LPP TVRI Kalimantan Timur. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 17,005 > 3,18, dengan nilai Signifikasi 0,000 < 0,05. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap variabel kinerja pegawai.


Full Text:

PDF

References


As’ad, Moh. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Dharma, Agus. 2001. Manajemen Supervisi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Gibson. 2004. Organisasi : Perilaku, Struktur, dan Proses, Alih Bahasa, Nunuk Ardiani, Edisi Kedelapan, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Organisasi dan Motivasi, Cetakan Keempat, Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Stratejik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan, Jakarta.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Dari Teori ke Praktek, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi Versi Bahasa Indonesia, Edisi Kedelapan, Prenhallindo, Jakarta.

Sianipar, J.P. 1999. Perencanaan Peningkatan Kinerja, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.