EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN BIDANG KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MALINAU

Liun ., Aji Ratna Kusuma, Djumadi .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Implementasi Kebijakan Pelayanan Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Malinau. Fokus penelitian yang ditetapkan meliputi :Prosedur pelayanan bidang kependudukan, Efektivitas pelayanan pada bidang kependudukan, kesiapan aparatur dalam pelayanan, kesiapan sarana opera-sional penunjang pelayanan, transfaransi dalam pelayanan, keramahtamahan petugas dalam memberikan layanan Sumber data diambil dari informan dan key informan, kemudian didukung dengan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah model  Alir yang dikembangkan oleh Miles dan huberman melalui tahapan-tahapan.               Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan bidang kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau secara implementatif sudah sesuai yang diatur dalam sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK), Meski demikian secara aplikatif dihadapkan oleh berbagai kendala, sehingga pelayanan kepen-dudukan di lembaga tersebut kurang memenuhi kualifikasi yang diharapkan masyarakat. Sebab ada sebagian penduduk yang kurang puas atas pelayanan yang diberikan. Hal tersebut terindikai oleh masih banyaknya penduduk yang belum mendapatkan KTP. Secara akumulatif pelayanan bidang kependudukan cukup efektif. Sedangkan secara parsial masih ada beberapa jenis pelayanan yang perlu diperbaiki. Adapun faktor yang menghambat pelayanan bidang kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau adalah terbatasnya sumberdaya aparatur yang professional, terbatasnya sarana operasional untuk menunjang pelayanan, Aplikasi pelayanan SIAK dan jaringan on line kurang berfungsi secara optimal, dan sering terjadinya pemadaman listrik.


Full Text:

PDF

References


Anonimus, Undang-undang No 23 Tahun 2006, tentang Administrasi Kependudukan, Indonesia. Jakarta.

_______, Peraturan Daerah nomor 14 Tahun 2008 tentang Pelayanan Pendaftaran dan Pencatatan Penduduk. Malinau.

Abdul Wahab, Solichin , 2004, Analisis Kebijakan, Jakarta : Bumi Angkasa.

Albraw, Martin. 1989. Birokrasi. Alih Bahasa M. Rusli Karim dan Totok Daryanto.. Tiara Wacana Yogya. Yogyakarta.

Andrianto, Nico, 2007, Transparansi Dan Akuntabilitas Publik Melalui E-Goverment, Malang : Bayumedia Publishing

Gasperz , Vincent, (1997) Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Penerjemah Sampara Lukman (1999), GM Indonesia, Jakarta.

Islamy, 2007, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kristiadi, J.B, 1996. Administrasi/ Manejemn Pembangunan (kumpulan tulisan), Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Miles M. B. & Huberman, A. M., 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta : Universitas Indonesia (UI – Press).

Moenir, H.A.S. 1996. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta

Osborne, David dan Gaebler. 2000.. Mewirausahakan Birokrasi, Reinventing Government, Transformasi Semangat Wirausaha Ke Dalam Sektor Publik, Penterjemah Abdul Rosyid, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Winarno, Budi, 2004, Teori dan Proses Kebijakan Publik, Yogyakarta : Media Presindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i4.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License