EFEKTIVITAS GAYA KEPEMIMPINAN LURAH DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA

Maradona Abdullah, Aji Ratna Kusuma, Bambang Irawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis efektivitas gaya kepemimpinan Lurah dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda, 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas gaya kepemimpinan Lurah dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan developer yang diterapkan oleh Lurah dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda belum efektif, sebab gaya kepemimpinan developer yang diterapkan Lurah Rawa Makmur masih dihiasi gaya compromiser atau pencinta kompromi di dalam proses pengambilan keputusan, dimana Lurah seringkali mengandalkan atau sangat bergantung pada pemberian ide, pendapat dan masukan dari anggota organisasi yang mempengaruhi peran pemimpin dalam pembuatan keputusan bagi pelaksanaan kegiatan organisasi, mengutamakan jalinan hubungan kerja yang akrab dan harmonis dengan sesama anggota organisasi, namun cenderung mengabaikan ketegasan dalam penerapan aturan-aturan kedisiplinan dalam pelaksanaan pekerjaan.

Full Text:

PDF

References


Anonim. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan. Jakarta.

Anonim. Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2009. Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Cetakan Keenam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Refika Aditama. Bandung.

Siagian, Sondang P. 1994. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Thoha, Miftah. 2004. Kepemimpinan dalam Manajemen. Cetakan Kesepuluh. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i3.527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License