KINERJA TENAGA KERJA KONTRAK DAERAH (TK2D) PADA DINAS KEHUTANAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Bayu Krisnawanto, Anthonius Margono, Djumadi .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini : 1) Untuk menganalisis kinerja Tenaga Kerja Kontrak Daerah pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur, 2)Untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat kinerja Tenaga Kerja Kontrak Daerah pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Fokus utama penelitian meliputi  Kinerja TK2D antara lain : kualitas kerja, kuantitas kerja, waktu penyelesaian kerja, kerjasama, kreativitas, kecakapan serta faktor internal dan eksternal pendukung dan penghambat kinerja TK2D di Dinas Kehutanan  Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan memiliki kinerja yang baik, hasil kerja TK2D di dipertanggungjawabkan dan diselesaikan dengan tepat waktu. Selain itu TK2D telah menunjukkan sikap kerja yang berkualitas dibuktikan dengan kerjasama, tanggung jawab dan motivasi kerja yang tinggi dalam pelaksanaan pekerjaan. Hanya saja hendaknya TK2D yang ada di Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur ini lebih menggali kreatifitasnya, karena kreatifitas TK2D yang ada disini dinilai masih sangat terbatas. Serta kompetensi yang cukup mendukung kinerja mereka, dengan memiliki latar belakang pendidikan yang cukup mendukung untuk mereka bekerja dilingkup kehutanan. Namun demikian, kinerja TK2D ini masih perlu ditingkatkan dengan penambahan – penambahan diklat – diklat teknis terkait bidang kehutanan itu sendiri . Hal ini sesuai dengan teory kinerja, yaitu kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. 

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu, Mangkunegara.2006. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta : PT Refika Aditama.

Cokroaminoto. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja individu, http://cokroaminoto.blogetery.com/2007/06/12/faktorfaktor-yang-mempengaruhi-kinerja-individu-respon-untuk-zaenal/, akses tanggal 28 April 2014 pukul 09.00 WITA

Cushway, B. 2004. Kinerja-Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.: http://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja, akses tanggal 5 Mei 2014 Pukul 14.00 WITA.

Davis, B. Gorgon. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I. Jakarta : Pustaka Binaman Presindo.

Dessler, Gary. 2003. Human Resources Management, Penerjemah Eli Tanya dan Budi Supriyanto, edisi 9 Jilid 2 (2005). Jakarta : Indeks

Dharma, Agus. 2003. Manajemen Supervisi. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Emzir.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Hamzah B. Uno dan Nina, L. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Mangkunegara (2007). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Milles, B Matthew, Michael Huberman, 1992 : Analisis Data Kualitatif,Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, UI Press, Jakarta

Moleong, Lexy, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i3.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License