PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SEKOLAQ DARAT KABUPATEN KUTAI BARAT

Suwila Erpina, Adam Idris, Masjaya .

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan kemampuan sumberdaya manusia dlam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Camat Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan sumberdaya aparatur yang dilakukan Camat Sekolaq Darat  Kabupaten Kutai Barat mampu menambah aparatur yang berkualitas. Hal tersebut terindikasi oleh bertambahnya aparatur yang memiliki pendidikan tingkat Sarjana (S1) maupun Magister (S2). Disamping itu bertambahnya aparatur yang memiliki legalitas pelatihan, baik bidang administrasi umum, bidang teknis maupun bidang manajerial. Dengan bertambahnya sumberdaya aparatur kompeten dapat dijadikan sebagai modal kerja untuk menunjang pelayanan publik. Kemudian dalam hal pelayanan di lembaga tersebut mengalamai perubahan atau perbaikan yang berarti, baik pelayanan bidang kartu keluarga, kartu tanda penduduk maupun pelayanan pembuatan pelepasan hak atas tanah, justru dengan dikembangkan kemampuan aparatur layanan pada masyarakat lebih baik. Kurang optimalnya hasil pengembangan kemampuan sumber daya aparatur disebabkan oleh terbatasnya anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan aparatur, keragaman sikap  dan perilaku aparatur  dalam meningkatkan kompetensi, dan adanya desparitas responsivitas aparatur dalam menyikapi masalah pengembangan kapasitas dan kompetensi, sehingga  untuk meningkatkan profesionalisme aparatur kurang maksimal.


Full Text:

PDF

References


Anonim. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Peningkatan Pelayanan Umum oleh Aparatur Pemerintah. Jakarta.

Armstrong, T. Stephen. 1990. Commitment in the Workplace, Research & Practice. McGraw Hill. Singapore.

Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung. Jakarta.

Mangkunegara. 2001. Politik, Birokrasi dan Pembangunan. Pustaka

Pelajar. Jakarta.

Manullang. 1991. Pengembangan Pegawai. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta.

Milles, Matthew B. dan Michael B. Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan

Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Moenir, H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan Kelima. Bumi Aksara. Jakarta.

Osborne, David dan Ted Gaebler. 2000. Mewirausahakan Birokrasi Reinventing Government Mentransformasi Semangat Wirausaha ke dalam Sektor Publik. PT Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2005. Reformasi Pelayanan Publik. Cetakan Pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Tjokroamidjojo, Bintoro. 1993. Manajemen Pembangunan. Haji Masagung. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i2.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License