KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT

Ramli ., Adam Idris, Heryono Susilo Utomo

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Penanggulangan Bencana Alam di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Fokus penelitian yang ditetapkan.meliputi: Banyanya korban bencana alam yang layani. ketapatan waktu dalam menyalurkan bantuan pada korban bencana alam, Efektivitas penyalurkan bantuan pada korban bencana alam, dan keterampilan aparatur  dalam penanganan korban bencana alam. Hasil penelitian menunjukkan Kinerja aparatur Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Barat dalam penanggulangan bencana terindikasi cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan aparatur dalam mengantisipasi warga yang terkena bencana tanah longsor, maupun musibah kebakaran. Indikasi lain dapat diketahui dari kemampuan aparatur dalam menyelamatkan, mengevakuasi korban, harta benda, menyalurkan bantuan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, hingga pemulihan sarana  dan prasarana korban. Kurang optimalnya kinerja aparatur pemerintah dalam penanggulangan bencana alam Kabupaten Kutai Barat disebabkan oleh beberapa factor, antara lain jalur birokrasi yang panjang sehingga penyaluran bantuan kepada para korban bencana mengalami kelambatan, penyaluran banatuan sulit terjangkau karena daerahnya terisolir, sehingga penyaluran bantuan tidak tepat waktu atau sesuai yang diharapkan kurang memadai sarana dan prasarana untuk penanggulangan bencana alam. luas wilayah kewenangan tidak sebanding dengan anggota tim pelaksana yang disediakan untuk menanggulangi korban bencana alam.


Full Text:

PDF

References


Anonimus, Peraturan Bupati Kutai Timur Nomor 21 Tahun 2010 tentang Santunan dan Bantuan Bencana Alam

Abdul Wahab, Solichin, 2002, Analisis Kebijaksanan Publik, Teori dan Aplikasinya. Cetakan II. Danar Wijaya. Brawijaya University Ptress. Malang.

Brannen, Julia. 2001. Memandu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Fakultas Tarbiah IAIN. Antasari. Samarinda.

Gasperz , Vincent, 2003, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Penerjemah Sampara Lukman, Gajah Mada Pers, Yogyakarta..

Islamy M, Irfan. 2003. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara, Jakarta.

Miles, Matthew B. dan A Michel Huberman. 2002 Analisis Data Kualitatif. Cetakan I. UI – Press. Jakarta.

Mustopadidjaja. 2001. Seminar Nasional : Penguatan Administrasi Publik Dalam Rangka Good Governmace. STIA LAN. Jakarta.

Osborne, David dan Gaebler. 2004. Mewirausahakan Birokrasi, Reinventing Government, Transformasi Semangat Wirausaha Ke Dalam Sektor Publik, Penterjemah Abdul Rosyid, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Siagian, P. Sondang, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Cetakan IV, Bumi Aksara. Jakarta

Thoha, Mifftah, 2007. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Utomo, Warsito, 2006. Teori Administrasi Negara, .Edisi, 3 Bumi Aksara. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i2.518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License