PEMBINAAN SUMBER DAYA APARATUR MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (STUDI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT)

Yohani ., Hartutiningsih ., Bambang Irawan

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pembinaan Sumber Daya Aparatur di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat melalui Pendidikan dan Pelatihan yang berkaitan dengan administrasi umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pelayanan yang dilakukan lembaga cukup berarti dalam menunjang pelayanan umum. Sedangkan jenis pendidikan dan pelatihan penjenjangan dapat membentuk kepribadian seseorang agar memiliki sikap mental dan perilaku yang baik. Selain itu dapat meningkatkan motivasi kerja yang berorientasi pada hasil kerja yang lebih. Selain itu pendidikan dan pelatihan di bidang teknis secara implementatif sebagian besar aparatur yang mengikuti pelatihan telah membawa perubahan atau perbedaan keterampilan dibandingkan sebelumnya, bahkan hasil kerjanya lebih baik daripada sebelumnya. Disiplin kerja di lingkungan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat belum sepenuhnya dapat dilaksanakan. Hal tersebut tercermin pada perilaku pegawai yang kurang konsisten terhadap peraturan seperti terlambat masuk kerja, keluar jam kerja tanpa alasan yang jelas  dan pulang lebih awal. Faktor-faktor yang mendukung meliputi adanya regulasi yang kuat, pendanaan yang memadai serta adanya komitmen pimpinan yang kuat untuk meningkatkan pelayanan publik. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi menghambat yaitu  masih kuatnya aparatur yang menggunakan cara kerja yang konvensional. Adanya perbedaan pandangan antar pimpinan unit kerja dalam pemanfaatan dan pendayagunaan aparatur untuk meningkatkan hasil kerja, terutama dalam memanfaatkan jam kerja terasa belum menunjukkan intensifikasi sehingga melahirkan hasil kerja yang berbeda.


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Melayu SP., 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesembilan, Gunung Agung, Jakarta.

Mangkunegara, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis, Ghalia Indonesia, Jakarata.

Mangkunegara, A-2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Manullang, M. Dasar-dasar Manajemen. Ghalian Indonesia. Jakarta, 1983.

Martoyo, Susilo. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat, BPFE UGM, Yogyakarta.

Mustopodidjaja, AR., 2000, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sosisalisasi AKIP), LAN dan BPKP, Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo, 1998, Pengembangan Sumber Daya Aparatur, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudirman, 1999. Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Daerah Pada Daerah Tingkat II Sintang Kalimantan Barat, Tesis PPSUB, Unibraw, Malang.

Thoha, M. 1989. Pembinaan Organisasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.