ANALISIS PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR (STUDI KASUS KEC. MUARA WAHAU)

Miranti Robiyanur, Masjaya ., Gunthar Riady

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penilaian masyarakat mengenai pelayanan publik dalam organisasi pemerintah yang menjadi tanggungjawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. Substansi administrasi sangat berperan dalam mengatur dan mengarahkan seluruh kegiatan organisasi pelayanan dalam mencapai tujuan. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat. Reformasi dibidang pelayanan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadikannya lebih efisien danĀ  efektif . Hasil studi menunjukkan bahwa penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik di Kecamatan Muara Wahau belum menunjukkan hasil yang optimal sehingga perlu langkah-langkah inovatif untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha DH, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, edisi IV, Liberty. Yokyakarta.

Fandy Tjiptono, 2002, Manajemen Jasa, Cetkan ketiga, Penerbit Andi. Yogyakarta.

Keban, T Yarimias, 2008, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu, Gava Media. Yokyakarta.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, Prentice Hall. New Jersey.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.