ANALISIS PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR (STUDI KASUS KEC. MUARA WAHAU)
Miranti Robiyanur, Masjaya ., Gunthar Riady
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penilaian masyarakat mengenai pelayanan publik dalam organisasi pemerintah yang menjadi tanggungjawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. Substansi administrasi sangat berperan dalam mengatur dan mengarahkan seluruh kegiatan organisasi pelayanan dalam mencapai tujuan. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat. Reformasi dibidang pelayanan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadikannya lebih efisien dan efektif . Hasil studi menunjukkan bahwa penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik di Kecamatan Muara Wahau belum menunjukkan hasil yang optimal sehingga perlu langkah-langkah inovatif untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik.
Jurnal Administrative Reform (JAR) pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709 Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/ E : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id