FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Sri Wahyuni, Adam Idris, Muhammad Noor

Abstract


Kinerja merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi khususnya organisasi Pemerintah. Dengan pengukuran kinerja  suatu organisasi dapat  memanfaatkan  dan meningkatkan efektivitas  dan efisiensi sumber daya manusianya, sebagai dasar pendistribusian  penghargaan, membantu dalam upaya pertimbangan  dan pengambilan keputusan serta mengidentifikasikan  kebutuhan  pelatihan dan pengembangan sumber  daya pegawai. Berkaitan dengan keberadaan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur salah satu tugas pokoknya menangani masalah sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya aparatur secara baik dan berkesinambungan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta pencapaian hasil kerja Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur. Dalam upaya  untuk mencapai prestasi kerja pegawai Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur meliputi  motivasi kerja, kemampuan, lingkungan kerja, disiplin kerja, kepemimpinan dan kepribadian.


Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2005. Psikologi Kepribadian, Penerbit Universitas Muhammadiyah, Malang.

Hamzah, 2000, Analisis Kinerja Aparatur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai, Tesis Yang Tidak Dipublikasikan.

Kartono, Kartini. 2001. Pemimpin dan kepemimpinan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mulyadi. 2002. Analisis beberapa variabel yang mempengaruhi kinerja karyawan badan pengendalian dampak lingkungan daerah (Bapedalda) Kabupaten Kutai. Tesis Yang Tidak Dipublikasikan.

Rivai, Vietzal, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : dari teori ke Praktik, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rohaini, Analisa Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Berau, Tesis Yang Tidak Dipulikasikan.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi, Jilid I, Edisi Bahasa Indonesia, Prenhalindo, Jakarta.

Sedarmayanti, 2007. Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien Melalui Rekstrukturisasi dan Pemberdayaan, Mandar Maju, Bandung.

Suhartono, Hedi, 2003, Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kinerja Karyawan RSU AM Parikesit Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Tesis Yang Tidak Dipublikasikan

Wursanto, IG. 2001. Manajemen Kepegawaian, Cetakan keduabelas, Kanisius, Jakarta.

Yaqub. 1998. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, individu dan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kodya Malang. Tesis Yang Tidak Dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i3.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License