STUDI TENTANG UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI TELUK DALAM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Isma Mulia Hardadi, Anthonius Margono, Suarta Djaja

Abstract


Upaya peningkatan kualitas pelayanan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Teluk Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara sudah cukup baik. Faktor yang cukup mempengaruhi terhadap upaya peningkatan kualitas pelayanan pada pusat kesehatan masyarakat teluk dalam adalah, Jumlah petugas merupakan salah satu aspek yang menunjang pelayanan kepada pasien, ketanggapan petugas berhubungan dengan aspek kesigapan dari petugas dalam memenuhi kebutuhan pasien akan pelayanan yang dinginkan. Kehandalan berhubungan dengan tingkat kemampuan keterampilan yang dimiliki  petugas  dalam   menyelenggarakan  dan memberikan pelayanan kepada pasien di wilayah kerja Puskesmas Teluk Dalam, dan Fasilitas merupakan sarana bantu bagi instansi dan tenaga kesehatan dalam menyeleng garakan pelayanan kepada pasien. 


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid I, PT Prehalindo, Jakarta

LAN, 2007. Modul I Paradigma Kebijakan Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah. Diklat eknis Pelayanan Publik, Akuntabilitas, Pengelolaan Mutu (Public Service Dilivery, Acountability and Quality Management) Eselon 4. Jakarta.

LAN. 2003, Penyusunan Standar Pelayanan Publik, Jakarta.LAN.

LAN, 2006. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayaman Public, Jakarta.LAN.

Moleong, Lexy J. 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja.Rosda karya. Bandung.

Miles, Matthew B. dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan: Tjejep RR . Jakarta: UI Press.

Osborne, David dan ed Gaebler.1992. Mewirausahakan Birokrasi-Mentrans formasikaan Semangat Wirausaha ke dalam ktor Publik (Reinventing Government- How The Enterpreneurship Spirit im Tranforming The Public Sector). Terjemahan Abdul Rosid. Jakarta;PPM.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64 No. 1.

Zeithmal, Valarie. A., Berry, Leonard. L.,and Parasuraman, A. 1996. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing. Vol . 60.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License