PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Noor Ikhsan Muttaqin, Djumadi ., Muhammad Noor

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang merupakan seluruh pegawai pada Kantor Camat Tenggarong yang berjumlah 59 orang beserta data sekunder yang bersumber dari berbagai dokumen dan literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaku- kan observasi, menggunakan angket atau daftar pertanyaan dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah dua macam uji regresi, yaitu regresi linier sederhana.

Dari penelitian ini diketahui bahwa : 1) Motivasi kerja berpengaruh kuat terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabu paten Kutai Kartanegara. Maka kontribusi motivasi kerja terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu apabila motivasi kerja diting- katkan, maka akan berpengaruh terhadap pelayanan publik yang dise- lenggarakan pada organisasi tersebut, 2) Motivasi kerja internal lebih ber- pengaruh kuat terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, daripada motivasi kerja eksternal, 3) Pegawai pada Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki motivasi kerja internal yang lebih besar daripada motivasi kerja ekternal yang berasal dari organisasi, 4) Bentuk motivasi kerja internal di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yang paling dominan adalah pemenuhan kebutuhan hubungan sosial berupa adanya situasi kerja yang terjalin harmonis antara sesama pegawai maupun dengan masyarakat, sedangkan bentuk motivasi kerja eksternal yang paling dominan adalah pemberian imbalan yang berupa kesesuaian besaran imbalan yang diterima dengan beban kerja pegawai, ketepatan waktu penerimaan imbalan serta terpenuhinya kebutuhan hidup pegawai dan keluarganya melalui imbalan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Anonim. UU RI Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan UU Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian. Jakarta.

_______. UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta.

_______. KepMenpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan. Jakarta.

Ardiansyah. 2010. Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Biro Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Tesis. Magister Ilmu Administrasi Negara. Universitas Mulawarman. Sama- rinda.

Ernawati. 2010. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Tesis. Magister Ilmu Administrasi Negara. Univer- sitas Mulawarman. Samarinda.

Gaspersz, Vincent. 1998. Statistical Process Control, Penerapan Teknik-teknik Statistikal Dalam Manajemen Bisnis Total. Cetakan Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Terjemahan. PPM. Jakarta.

Granroos, C. dan J. Edvardsson. 1994. Service Management and Marketing : Managing the Moment of Truth in Service Competition. Lexington. Massachusetts.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research. Andi.Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Juliantara, Dadang. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Publik. Pembaruan. Yogyakarta.

Keenan, Kate. 1996. Management Guide To Motivating ; Pedoman Manajemen Pemotivasian. Penerjemah Dean Pretty R. PT Pustaka Utama Grafiti.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan. Yogyakarta.

Luthans, Fred. 1995. Organizational Behavior. McGraw Hill Inc. Singapore.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Moenir, H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan Kelima. Bumi Aksara. Jakarta.

Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Cetakan Pertama. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Prameswanto, Willy. 2008. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Tesis. Magister Ilmu Administrasi Negara. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2009. Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Cetakan Keenam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Rusli, Budiman. 2004. Pelayanan Publik di Era Reformasi. http : www.pikiran-rakyat.com. Edisi 7 Juni 2004.

Sampara, Lukman. 1999. Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA-LAN Press. Jakarta.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Refika Aditama. Bandung.

Siagian, Sondang P. 1994. Pengembangan Sumber Daya Insani. Gunung Agung. Jakarta.

________. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kesepuluh. Bumi Aksara. Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2005. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Sugiyanti. 1999. Strategi Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Revisi Terbaru. Cetak an Keduabelas. Alfabeta. Bandung

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Syahrani. 2010. Pengaruh Pelayanan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Jiwa pada Rumah Sakit Khusus Daerah Atma Husada Mahakam Provinsi Kalimantan Timur. Tesis. Magister Ilmu Administrasi Negara. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi. Yogyakarta.

________. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi. Yogyakarta.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen : Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Cetakan Pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Vasquez, Gabriel M. dan Maureen Taylor. 2001. Meriset Pandangan-pandangan pada Publik. Terjemahan. PrenticeHall, Inc. Singapore.

Weinhrich, Heinz dan Harold Koontz. 1993. Management A Global Perspective. McGraw Hill, Inc. New York.

Wursanto, Ig. 2003. Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Edisi Pertama. Andi. Yogyakarta.

Zainun, Buchari. 1989. Manajemen dan Motivasi. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Balai Aksara. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License