Analisis Performa Jaringan Telkomsel Di Kota Samarinda

Yuniar Rahayu, Edy Budiman, Medi Taruk

Abstract


Pengguna provider telkomsel di Samarinda sangat banyak karena layanan internet Telkomsel dianggap cepat dan sudah terpercaya, namun terdapat perbedaan kinerja sistem (performance) dari telkomsel dibeberapa daerah di Samarinda. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap performa jaringan telkomsel pada 15 daerah di Samarinda yaitu  Juanda, Lambung Mangkurat, Gatot Subroto, Kesuma Bangsa, Pangeran Antasari, M Yamin, Ahmad Yani, Basuki Rahmat, Citra Niaga, Gajah mada (tepian), Pramuka, Bangeris, SCP Mall, Kampus UNMUL Gunung Kelua dan Dr. Sutomo dengan menggunakan empat tools berbasis android yaitu MyConnection, Voiptester, RATEL NetTest, dan 4G Mark. Dari hasil penelitian, untuk tools MyConnection didapatkan hasil Availability 100% untuk 13 daerah, 78% untuk Citra Niaga dan 60% untuk daerah Lambung Mangkurat, untuk tools Voiptester didapatkan hasil Availability 100% untuk 14 daerah dan 60% untuk daerah Lambung Mangkurat, untuk tools RATEL NetTest didapatkan hasil Availability 100% untuk 13 daerah, 89% untuk Kesuma Bangsa dan 60% untuk daerah Lambung Mangkurat,kemudian untuk tools 4G Mark didapatkan hasil Availability 100% untuk seluruh daerah.


Full Text:

PDF

References


Bobanto, William S., Arie M. Lumenta, and Xaverius Najoan. "Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet (Studi Kasus PT. Kawanua Internetindo Manado)." e-journal Teknik Elektro Dan Komputer , 2014.

Mifti, Khaerani. perangkat lunak pengukuran performasi jaringan data seluler berbasis mobile. Samarinda: Universitas Mulawarman , 2014 . "Network Performance Analysis and Evaluation of Mobile." Learning Jurnal, 2017.

Payung, Marthen Tandi Buak. Analisis Quality Of Service (QOS) Pengukuran Jaringan Seluler (Studi Kasus; Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda). Samarinda: Universitas Mulawarman., 2015.

Putra, kenny pratama. "Analisis performance jaringan 2G global system for mobile communication (GSM) frekeunsi 900 MHz dan 1800 MHz berdasarkan data drive test di PT. TELKOMSEL padang ." 99, maret 2014.

RATEL Srbija. http://ratel.rs/home.136.html (accessed november 2, 2016).

Riyasa, Dista Narulina. analisis kualitas jaringan internet berbasi High speed downlink packet access (HSDPA) pada wilayah urban di kota malang dengan metode drive test. Universitas Brawijaya, 2013.

Sartika. Analisis Quality of Service (QoS) pengukuran jaringan seluler (Studi Kasus; Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda). Samarinda: Universitas Mulawarman, 2015.

Tonapa, Otniel, Pauline Rahmiati, and Debora Komba. "Analisis Performasi Konektifitas Pada Jaringan Wireless Broadband di Bandung." ELKOMIKA Institut Teknologi Nasional Bandung 2 (juli-desember 2014).

Visualware Inc. http://www.visualware.com/ (accessed november 2, 2016).

Taruk, Medi and Ashari, Ahmad, “Analisis Throughput Varian TCP Pada Model Jaringan WiMAX”, IJCCS. Vol. 10 No. 2, pp. 115-124, July. 2016.

Edy Budiman, Ummul Hairah. 2017, Network Performance Analysis and Evaluation of Mobile Learning. Vol. 15, No.1, E-journal Teknik Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i2.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter