Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Sosial Daerah Kutai Kartanegara Menggunakan Metode TOPSIS

Ayu Rusnawati, Masna Wati, Hario Jati Setyadi

Abstract


Bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial. Sistem pendukung keputusan penentuan penerima bantuan daerah merupakan suatu sistem yang dapat memberikan alternatif solusi bagi pembuat keputusan, dan juga sistem yang dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan secara tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Topsis sebagai salah satu metode pengambilan keputusan yang dapat mempermudah bagi Dinas Sosial dalam menentukan calon penerima bantuan yang sesuai dengan program bantuan, sehingga yang menerima bantuan tepat sasaran. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem yang dapat mempermudah dalam penentuan penerima bantuan dan memberikan rekomendasi pengusul bantuan terbaik berdasarkan perhitungan kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak penyeleksi.


Full Text:

PDF

References


Kristanto, Harianto. 2010. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi.

Nofriansyah, Dicky., 2014. Konsep Data Maining vs Sistem Pendukung Keputusan ed 1. Deepublish: Yogyakarta.

Sukerti, Ni Kadek . 2015. “Penerapan Fuzzy Topsis Untuk Seleksi Penerima Bantuan Kemiskinan.” Jurnal Informatika, Vol.15, No.2.

Diana Fatmawati[1], Sultoni[2], Sadikin[3]. 2016. “Sistem Pengambilan Keputusan Kelayakan Bagi Calon Penerima Dana Bantuan Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web”. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1 ISSN: 2502-5716.

Putri, Rosalina Eka. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Peserta Sertifikasi Guru Tingkat SD Dengan Metode Topsis.” Surakarta.

Sukerti, Ni Kadek . 2015. “Penerapan Fuzzy Topsis Untuk Seleksi Penerima Bantuan Kemiskinan.” Jurnal Informatika, Vol.15, No.2.

Tri Handoyo, Andri Gunawan, Adya Wardani. 2014. “Sistem Pendukung

Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Penerima Bantuan BKM Makmur Menggunakan Metode Topsis Di Desa Jogonegoro. Magelang.” Jurnal Transformasi Vol 10 No 2 2014 : 84-98.

Wahyuni, Sri. 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Raskin Menggunakan Metode Topsis (Techinique For Order Preference Similarity To Ideal Solution) (Studi Kasus : Kelurahan Simpang Baru).” Tugas Akhir.

Xu, Zeshui. 2013. “Hesitant fuzzy multi-attribute decision making based on TOPSIS with incomplete weight information”. Knowledge-Based Systems 52 (2013) 53–64.

Saelindri, Pratnya Satria. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Penerimaan Bantuan Siswa Miskin dengan Menggunakan Metode Topsis.” Jurnal.

Saputera, M. A., Tejawati, A., & Wati, M. (2017, March). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Daerah Menggunakan Weighted Product. In Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Wati, M., & Hadi, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayesian Dalam Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah. STMIK KHARISMA Makassar, 3(1), 22-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter