Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Objek Wisata Di Yogyakarta Dengan AHP (Analytical Hierarchy Process)

Eny Maria, Dwi Novia Prasetyanti, Yulianto Yulianto

Abstract


Berwisata menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Sebelum melakukan perjalanan dalam melakukan wisata, tentu saja akan dihadapkan dengan pemilihan tempat wisata yang kita inginkan. Memilih tempat wisata yang akan dikunjungi ternyata bukan hal yang mudah, berkaitan dengan jenis tempat wisata yang ada, serta budjed yang dimiliki oleh pengunjung. Kota yogyakarta menjadi salah satu kota yang menjadi destinasi berwisata bagi banyak wisatawan. Perlu dibuatkan perhitungan yang real untuk memutuskan destinasi yang sesuai. Penelitian ini melakukan perhitungan sebagai pendukung keputusan dalam pemilihan tempat wisata dikota Yogyakarta, dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan kriteria yang dinilai adalah jarak, biaya, transportasi, fasilitas, keamanan dan jenis obyek wisata. Hasil yang diperoleh adalah Candi Prambanan, karena kriteria jarak menjadi prioritas utama.


Full Text:

PDF

References


Kunz, J. 2010. The Analytic Hierarchy Process (AHP). Tersedia di: http://www.slideshare.net/lakshanasuresh/ahp-calculations [14 November 2013].

Purba, J. 2010. Bab 2 Landasan Teori Analytic Hierarchy Process (AHP). Tersedia di: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20560/3/Chapter%20II.pdf [14 November 2013].

Saaty, T.L. & Vargas, L.G. 2001. Models, Methods, Concepts and Application of The Analytic Hierarchy Process. Kluwer Academic Publisher, Amerika.

Zimmerer et al. 2008. Kewirausahaan danManajemen Usaha Kecil. Edisi 5, Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta.

Nugraha. DW, Wirdayanti, “Sistem Pemdukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP”, Jurnal Foristek Vol.3, No.2, 2013.

Oktovianus. P, dkk, Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Wisata di Timor Leste Dengan Metode Lectre, e-journal.uajy.ac.id, 2014.

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem pendukung keputusan dan system cerdas) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Tomy Reza Adianto, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal Di Perumahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: Kota Samarinda). Prosiding 2nd SAKTI.

J, A, Nita., Ugiarto, M., Islamiyah. 2017, Sistem Pendukung Keputusan Lokasi Hiburan Di Kota Samarinda Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), JURTI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i2.911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter