DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KELAS XMM 3 SMK NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015

Jefferson R Watulingas, Desli Vita

Abstract


Kesulitan yang dialami siswa terlihat dari hasil pengamatan pada pokok bahasan Perintah-perintah dasar sistem operasi disk operating system (DOS) . Adapun letak kesulitannya antara lain seperti, kesulitan dalam mendefinisikan pengertian Disk Operating System (DOS), kesulitan dalam mengoprasikan Disk Operating System(DOS) menggunakan aplikasi Command promt, kesulitan dalam mendefinikan fungsi perintah Disk Operating System (DOS) menggunakan aplikasi Command promt, kesulitan dalam memahami Perintah-perintah aplikasi Command promt, kesulitan dalam memahami fungsi-fungsi dari jenis perintah-perintah aplikasi command promt. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan dilaksanakan di SMK Negeri 7 Samarinda tahun ajaran 2014/2015 pada pembelajaran Sistem Operasi pokok bahasan Perintah-perintah dasar sistem operasi disk operating system (DOS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MM 3. Kegiatan penelitian ini meliputi: Observasi/pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa yang di peroleh dari hasil pengamatan ketika pembelajaran berlangsung.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin. 2006. Kebijakan Publik. Jakarta: Suara Bebas.

Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Moleong, L. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Pradina Parameswari. 2011. Diagnostik Kesulitan Belajar matemetika siswa pada materi bangun datar segitiga kelas VII di SMP Negeri 6 Samarinda Tahun ajaran 2014/2015.

Saefullah. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sri Mulyani. 2006. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) pada Siswa SMA Negeri 3 Brebes.Universitas Negeri Semarang

Sugiharto, 2003. Diagnosis Kesulitan Siswa SMU dalam Menyelesaikan Soal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawaji Pers.

Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wijaya, C. 2007. Pendidikan Remedial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuinita, 2010. Diagnosis Kesulitan Belejar Matematika dan Pengajaran Remedial siswa dikelas VIII SMP Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Samarinda. Program studi pendidikan matematika Universitas Mulawarman.

Widagdo, Putut Pamilih, Susanto, Toni Dwi, Ramadiani. "The effect of task technology fit toward individual performance on the Generation X (1956–1980) using information technology." Science in Information Technology (ICSITech), 2016 2nd International Conference on. IEEE, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 

Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI)
Jl. Barong Tongkok Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur
Telp : (+62 541) 753133
e-mail : jurti.unmul@gmail.com
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Number :