Sistem Informasi Spesies Dan Morfologi Tanaman Bambu Di Kalimantan

Ahmad Firza Nugraha, Edy Budiman, Ummul Hairah

Abstract


Sistem informasi spesies dan morfologi tanaman bambu di Kalimantan, merupakan sistem informasi yang dapat menyajikan deskripsi tanaman bambu. Pengembangan sistem informasi dapat di implementasikan dengan berbagai teknologi, data tumbuhan seringkali sulit didapat yang membuat para pengelola atau pengguna akan kebutuhan informasi tersebut menjadi terhambat. Kebanyakan data Tanaman bambu  berada terpisah pada meja para peneliti dan lembaga terkait atau kadang tidak diterbitkan padahal wilayah Kalimantan sebagai salah satu pusat keanekaragaman hayati terbesar di dunia.  Tujuan penelitian ini mengembangkan sistem informasi morfologi dan spesies tanaman bambu di kalimantan sebagai media informasi dan inventarisasi data Tanaman hutan hujan tropis Kalimantan. Metode pengembangan perangkat lunak pendekatan kerangka pembuatan web model view control framework Laravel dengan koneksi database MySQL. Pengujian sistem menggunakan proses blackbox testing. Hasil penelitian berupa prototipe desain sistem dan produk perangkat lunak sistem informasi tanaman bambu yang ada di pulau Kalimantan.

Full Text:

PDF

References


Tjitrosoepomo, G. 2009. penerapan morfologi dan peristilahannya dalam mencandra tumbuhan“ morfologi tumbuhan Yogyakarta Gajah Mada University. penerapan morfologi dan peristilahannya dalam mencandra tumbuhan“ morfologi tumbuhan Yogyakarta Gajah Mada University.

Yani, A. P. 2012. Keanekargamana dan Populasi bambu di desa talang pauh Bengkulu tengah. Keanekargamana dan Populasi bambu di desa talang pauh Bengkulu tengah.

Putranto, M. A. 2010. Perncangan sistem inventarisasi hutan indusrti berbasis sistem informasi geografis. Perncangan sistem inventarisasi hutan indusrti berbasis sistem informasi geografis.

Sudharta, D. 2015. Informasi sifat Dasar Dan kemungkinan penggunaan 10 jenis bambu. Informasi sifat Dasar Dan kemungkinan penggunaan 10 jenis bambu.

Budiman, Edy. 2016. "Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile." ILKOM Jurnal Ilmiah 8.3.

Budiman, E. 2017. E-Government Data Profil dan Monografi Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. STMIK KHARISMA Makassar, 3(1), 49-58. Retrieved from http://jtriste.kharisma.ac.id/index.php/home/article/view/33




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter