Forensik Mobile Pada Smartwatch Berbasis Android

Roni Anggara Putra, Abdul Fadlil, Imam Riadi

Abstract


Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat. Salah satu contoh berkembangnya alat telekomunikasi yang dipadukan dengan jam tangan yang dikenal sebagai smartwatch. Perkembangan smartwatch telah menyamai kemampuaan yang ada di smatphone, sehingga tidak menutup kemungkinan smartwatch dapat digunakan sebagai alat tindak kejahatan. Hal  ini merupakan tantangan  bagi IT forensik dan penegak hukum untuk melakukan penyelidikan terhadap smartwatch dari seseorang yang melakukan kejahatan dijadikan tersangka dari sebuah kasus. Caranya adalah dengan menerapkan pengembangan metode-metode forensic yang ada, sehingga dari hasil yang didapatkan dari metode forensic yang dilakukan diharapakan menjadi hasil yang berguna bagi IT forensic dan penegak hukum.

Full Text:

PDF

References


Ilman Zuhri Yadi, Yesi Novaria Kunang, “ANALISIS FORENSIK PADA PLATFORM ANDROID,” Konferensi Nasional Ilmu Komputer, p. 1, 2014.

Alamsyah, Zanial Mazalisa, Rasmila, “Analisis ForensikRecovery Dengan Keamanan Kode Password Pada Smartphone Android,” Jurnal Binadarma, p. 3, 2015.

Ahmad Thufail A., Surya Michrandi N.,Budhi Irawan, “Analisis Dan Implementasi Mobile Forensik Pemulihan Data Yang Hilang Pada Smartphone Berbasis Sistem Operasi Android,” Epoc, vol. 6, p. 4, 2015.

Shreyas Parikh1, IFS, GFSU, Dhaval Chavda, IFS, GFSU, Shourjo Chakraborty, systools Software Pvt. Ltd. Dr. Parag H. Rughani, IFS, GFSU, Dr. M. S. Dahiya, IFS, GFSU, "Analysis of Android Smart Watch Artifacts," International Journal of Scientific & Engineering Research, vol. 6, p. 2, 2015.

A. Hoog, “Introduction to Android forensic”, DFI, April 30 2010.

E.C., Turnbull, “Digital Evidence on Mobile Devices”,In E. Casey, Digital Evidence and Computer Crime (3rd Edition ed.), Academic Press, 2011.

L. Novitasari, et al., "Geographic information systems of android-based residential locations," in 4th International Conference on Information Technology and Engineering Application 2015 (ICIBA2015), Bina Darma University, Palembang, 2015.

http://swarmnyc.com/whiteboard/building-android-wear-watch-face-with-live-weather-data-3/

Saminath, “Power of Android Wearable Technology”, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 2, February 2015.

https://www4.symantec.com/mktginfo/whitepaper/ISTR/21347932_GA-internet-security-threat-report-volume-20-2015-social_v2.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i1.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter