Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Desktop Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Di Taman Kanak-Kanak Samarinda

Mia Audina, Muhammad Ugiarto, Bambang Cahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis desktop pada pendidikan lingkungan hidup pokok bahasan air, udara dan tanah di Taman Kanak-kanak Samarinda, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat, mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah adanya media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli dan penilaian efek strategi belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Software yang digunakan adalah Adobe Flash Professional CS6, Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Audition CS6. Adobe Flash Professional CS6 digunakan untuk membuat animasi 2D, membuat game dan media interaktif, Adobe Photoshop CS6 digunakan untuk mengolah gambar sedangkan Adobe Audition CS6 digunakan untuk mengolah suara. Hasil dari media pembelajaran diketahui bahwa produk media pembelajaran yang dibuat layak digunakan di Taman Kanak-kanak Samarinda, kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (95%) sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (96,6%) termasuk kriteria “layak” untuk digunakan. Peningkatan pada nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah adanya aplikasi sebesar 68,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat dijadikan sebagai alat pendukung dalam pembelajaran di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Riyanto, Y., 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Riyanto, Y., 2012. Paradigma Baru Pembelajaran, Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Arikunto, 1996,. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suriyansyah, Ahmad, Aslamiah, 2011. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.

M. Suyanto, 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Agustina, 2013. Media Pembelajaran. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Sastrawijaya, A. Tresna, 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. dan Rivai, 2002. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit C.V. Sinar Baru.

Fathoni, R., Budiman, E., Rudiman., 2016. Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Sesuai Standar Kompetensi. Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1., Universitas Mulawarman Samarinda.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i1.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter