Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Finalis Dalam Pemilihan Duta Wisata Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS (Studi Kasus : Asosiasi Duta Wisata Kab. Kutai Kartanegara)

Mochammad Taufiq As'arie, Masna Wati, Bambang Cahyono

Abstract


Duta Wisata yang berfungsi untuk mempromosikan produk-produk wisata yang ada didalam suatu daerah agar lebih dikenal dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang sekaligus menikmati produk wisata yang ada didaerah tersebut. Untuk menghasilkan Duta Wisata yang berkompenten, dilakukan seleksi yang ketat dan berkualitas. Karena jumlah peserta seleksi yang banyak maka di buat sistem pendukung keputusan untuk mempermudah proses penilaian. Sistem ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai bobot kriteria yang terdiri nilai etika kepribadian, pengetahuan umum, public speaking, seni dan kebudayaan, bahasa inggris dan juga tinggi badan serta menggunakan metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk mencari alternatif peserta terbaik. Hasil perhitungan kemudian ditampilkan berupa 10 nama alternatif peserta putra dan putri terbaik. Sistem juga telah diuji dengan melakukan perhitungan secara manual menggunakan Microsoft Excel (Ms.Excel)  terhadap 49 data dimana hasil perhitungan sistem menggunakan metode AHP dan TOPSIS sama hasilnya dengan perhitungan manual.


Keywords


Duta Wisata; SPK; AHP; TOPSIS

Full Text:

PDF

References


E. Maria, D. N. Prasetyanti, and Y. Yulianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Objek Wisata di Yogyakarta dengan AHP (Analytical Hierarchy Process),” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 137–142, 2017.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi, Sri, dkk. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, P.P., dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML (Unified Modelling Language. Bandung : Informatika.

Nugroho, B. (2004). PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. Andi Offset, Yogyakarta.

Rizky, Soetam. (2011). “Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Afif Nur Anzhari. (2016). Pemilihan Anggota Paskibraka pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara. Samarinda: Skripsi Program Studi Teknik Informatika. Samarinda, Indonesia: Universitas Mulawarman.

Krisna Andryan Syahputra Effendi, Edi Santoso, Nurul Hidayat. Implementasi Metode TOPSIS Untuk Penentuan Finalis Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang (Case Study: Paguyuban Joko Roro). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 2. Februari 2018.

Bayu Cholid Setiawan. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Duta Wisata Kabupaten Sragen dengan Metode Simple Additive Weighting. Surakarta: Publikasi Ilmiah Program Studi Informatika. Surakarta, Indonesia: Universitas Muhammadiyah.

Khairunnisa, Andi Farmadi, Heru Kartika Candra. 2015. Penerapan Metode AHP-TOPSIS pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Taman Kanak-Kanak (TK) Terbaik dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru. Studi kasus : TK di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Banjarbaru. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer Volume 02, No.01.

Roger S. Pressman. 2010. Black Box Testing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i2.4032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter