Smart City Pada Pengembangan Pariwisata Kawasan Kota Tua Ampenan Berbasis Kearifan Lokal

Siti Puspita Hida Sakti MZ, Marzuki Marzuki

Abstract


Kawasan kota tua Ampenan merupakan kawasan strategis dari sudut kepentingan sosial budaya dan menjadi kawasan cagar budaya di Kota Mataram berdasarkan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) 2013 [5]. Hal ini sejalan dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Mataram Tahun 2011-2031 untuk pengembangan pariwisata dengan sistem informasi sebagai promosi mengenai festival kota tua Ampenan, serta sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram Tahun 2016-2021 tentang kota tua Ampenan yang memiliki nilai historis, pelestarian adat istiadat dan budaya lokal sebagai jati diri maupun penanda dari kearifan lokal masyarakat [1]. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan kemampuan, kemandirian, keberdayaan, dan produktivitas masyarakat di bidang pariwisata berbasis smart city berdasarkan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan luaran wajib yang dimasukkan ke dalam salah satu jurnal dan luaran tambahan penelitian ini adalah prosiding dan usulan desain smart city berbasis e-tourism kepada Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Kecamatan Ampenan sebagai masukan dalam Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kawasan Kota Tua Ampenan. Untuk Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian ini adalah TKT jenis software namun aplikasi yang diusulkan dalam penelitian ini masih berupa konsep, rancang bangun atau analisa dan perancangan sistem sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengimplementasi aplikasi smart city ini


Keywords


Smart City; e-Tourism; Pariwisata; Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Puspita HSM, Siti, 2019, Smart City dalam Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kawasan Kota Tua Ampenan, Bali, Prosiding Seminar Nasional Universitas Warmadewa.

Spillane, James, 1993, Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan prospeknya, Yogyakarta, Kanisius.

Spillane, James, 1994, Pariwisata Indonesia, Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan, Yogyakarta, Kanisius.

Vitasurya, V.R., 2016, Local Wisdom for Sustainable Development of Rural Tourism, Case on Kalibiru and Lopati Village, Province of Daerah Istimewa Yogyakarta, Procedia Social and Behavioral Sciences.

Sugiyarto dan Amaruli, R. J., 2018, Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal, Jurnal Adminsitrasi Bisnis, Volume 7, Nomor 1, Maret 2018, pp. 45-52 P-ISSN: 2242-3294 E-ISSN: 2548-4923.

Mbulu, Y. P., Firmasnyah, R., dan Puspita, N., 2017, Identifikasi Daya Tarik Pariwisata Perkotaan terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Kota Mataram Lombok, Tourism Seientific Journal, Volume 3 Nomor 1 Desember 2017.

Farania, A., Hardiana, A., dan Putri, R.A., 2017, Kesiapan Kota Surakarta dalam mewujudkan Pariwisata Cerdas (Smart Tourism) ditinjau dari Aspek Fasilitas dan Sistem Pelayanan, Region, Volume 12, No. 1, Januari 2017, 36-50.

Liu, Pu dan Liu, Yuan, 2016, Smart Tourism via Smart Phone, Proceeding of International Conference on Communications, Information Management and Network Security (CIMNS 2016).

Zhang, L., 2012, Smart Tourism: The Coming Era of Personalization and Intelligent Public Service, Tourism Tribune, 27(2), 3-5.

Pratama, I Putu Agus Eka, 2014, Smart city beserta cloud computing dan teknologi-teknologi pendukung lainnya, Bandung, Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i2.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter