Analisis Frekuensi Nada Piano Menggunakan Algoritma Fast Fourier Transform

Hans Christiaan Palondongan, Edy Budiman, Medi Taruk

Abstract


Piano merupakan alat musik yang menghasilkan bunyi yang indah saat dimainkan dengan baik dan benar, kualitas bunyi piano yang baik memiliki nilai frekuensi nada standart ketetapan internasional yaitu  frekuensi nada A4=440 hz,  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggetahui nilai frekuensi piano  yang sudah berusia lebih dari satu tahun apakah masih memiliki standart kualitas frekuensi nada yang stabil bedasarkan ketetapan internasional, metode analisis yang digunakan adalah algoritma fast fourier transform sebagai algoritma untuk mengukur nilai frekuensi pada suara piano yang tersedia pada aplikasi matlab, perangkat  pada penelitian ini adalah piano keyboard Yamaha tipe PSR  S 770 yang memiliki usia dua tahun. Hasil penelitian ini didapat nada A4=443.1 hz yang berarti salah satu nada keyboard Yamaha tipe PSR S 770  masih dalam kualitas frekuensi ketetapan internasional.

Full Text:

PDF

References


Banoe, Pono,. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kansius.

Setiawan,Heru,. 2011. Landasan Konseptual Perancanaan dan Perancangan Pusat Pendidikan Musik di Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi. FTeknik, Arsitektur, Universitas Atma Jaya.

Mulyani, Rini 2017. Pemetaan dan Analisis Tipe Suara Manusia Menggunakan Fast Fourier Transform. Bandar Lampung: Skripsi. FMIPA, Fisika, Universitas Lampung.

Dianputra, Roby,. 2014. Implementasi Algoritma Fast Fourier Transform Untuk Pengelolahan Sinyal Digital Pada Tuning Gitar Dengan Open String. Bengkulu: Skripsi. FTeknik, Teknik Informatika, Universitas Bengkulu.

Ishafit. 2008. Pengukuran Frekuensi Tangga Nada Instrumen Musik dengan Sistem Microcomputer Based Laboratory. Salatiga: Jurnal Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains. FMIPA, Fisika, Universitas Ahmad Dhalan.

Loy, Gareth,. 2006. The mathematical foundations of music Volume 1. England: The MIT Press Cambrige & Massachusetts London.

Machlis, Joseph,. 1955. The Enjoyment of Music an Introduction to Perceptive Llistening. USA: W.W Norton & Company.

Sipalsuta, R. Yohanes,. 2014. Simulasi sistem Pengacak Sianyal Dengan Metode FFT ( Fast Fourier Transform). Manado: Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. FTeknik, Elektro, Universitas Ratulangi.

Putra, Y, Handoko,. 2012. Aplikasi Filter Finite Impulse Response(Fir) Untuk Menghilangkan Noise Pada Suara Manusia Menggunakan Graphical User Interface (Gui) Pemrograman Matlab. Bandung : Jurnal. Teknik Komputer. Unikom.

Nurjanah, Baiq,. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Piano Menggunakan Metode Sine, Karplus, Dan Wavetable. Mataram : Jurnal. Teknik Elektro. Universitas Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter