Rancang Bangun Sistem Pakar Berbasis Website Dengan Framework Laravel Untuk Mengidentifikasi Kerusakan IPhone

Yosua Candra, Rinabi Tanamal

Abstract


Sistem pakar memungkinkan suatu sistem komputer untuk dapat memproses kumpulan knowledge based dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan kaidah yang telah diolah. Sistem pakar ini diharapkan mampu mendeteksi kerusakan pada device iPhone 5s hingga iPhone X dengan memberikan solusi terbaik bagi para pengguna dan teknisi sebagai sarana untuk mendapatkan diagnosa awal, panduan dan pengeahuan tentang kerusakaan iPhone dengan jenis kerusakan dari para pakar dan ahlinya. Proses identifikasi kerusakan iPhone hingga saat ini masih dilakukan rata – rata secara manual oleh teknisi non-professional oleh outlet perbaikan smartphone atau pengguna dengan landasan dan basis pengetahuan yang rendah. Hal ini disebabkan kurangnya support service dari Apple dan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu banyak sekali kerusakan iPhone yang tidak di tangani dengan baik dan ditangani oleh teknisi yang tidak berpengalaman menyebabkan munculnya kerusakan-kerusakan lainnya yang meresahkan bagi pengguna. Mahalnya biaya service center dari Apple dan kurangnya pengetahuan serta terbatasnya jumlah pakar yang professional dalam mendeteksi atau menangani kerusakan iPhone. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan melalui wawancara dan observasi ke berbagai tempat, website sistem pakar dapat di akses melalui personal computer dan telah dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam proses pengambilan keputusan atau pemecahan permasahalan terhadap kerusakan hardware pada iPhone.

Full Text:

PDF

References


Okezone. (2018, February). Diambil kembali dari Indonesia Pengguna Smartphone Ke-4 Dunia, Begini Tekad Menperin Dongkrak Industri Telematika: https://economy.okezone.com/read/2018/02/17/320/1860752/indonesia-pengguna-smartphone-ke-4-dunia-begini-tekad-menperin-dongkrak-industri-telematika.

Anar, A. P. (2018, April). Berikut Survei Tingkat Kepuasan Pengguna iPhone X. Diambil kembali dari Tekno Rakyatku: http://tekno.rakyatku.com/read/98403/2018/04/25/berikut-survei-tingkat- kepuasan-pengguna-iphone-x.

Noviandi, L. (2015, October). Handphone Bekas Apa yang Paling Laris di Indonesia? Diambil kembali dari Tech in Asia: https://id.techinasia.com/handphone-bekas-paling-laris-indonesia.

Trianisa, F., & Supriatna, A. (2016). Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada iPhone Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Media Jurnal Informatika, VIII, 33-40.

Builder, E. (2016, August 17). About ES-Builder. Diambil kembali dari MCGOO: https://www.mcgoo.com.au/html/es-builder_web.php.

Hernandhi, D. T., Astuti, E. S., & Priambada, S. (2018). Desain Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Untuk Promosi (Studi Kasus Pada Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, LV, 1-10.

Tanamal, R. (Oktober 2017). Analisis faktor yang paling berpengaruh pada keinginan menggunakan applikasi grab di kota surabaya. JUTEI Edisi Volume 1 No. 2, 119-128.

Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Pangkalpinang: Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Abraham, R. I., Hidayat, D. D., & Darana, S.U, D. (2018). Identifikasi Kualitas Kesegaran Susu Sapi Melalui Pengolahan Citra Digital Berdasarkan Metode Content-Based Image Retrieval (CBIR) Dengan Klasifikasi Decision Tree (Vol. V). Sumedang: e-Proceeding of Engineering.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar FKIP Unsyiah, II, 108-118.

Herdiansyah, M.Si., H. (2013). Wawancara, ObserFvasi, Dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter