Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Kerusakan Printer Canon MP Series

Kevin Razak, Rinabi Tanamal

Abstract


Printer adalah objek yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas seseorang sebagai alat utama untuk berbagai usaha seperti percetakan, desain dan sebagainya. Berdasarkan data yang diberikan oleh IDC (International Data Corporation), penjualan printer di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 0,6 persen dari tahun ke tahun. Seiring berjalannya waktu, pengguna pasti akan mengalami kerusakan pada printer yang tidak terduga. Perbaikan pada printer sebaiknya dilakukan oleh seorang teknisi yang paham dengan kerusakan printer. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengguna printer dapat mengakibatkan penanganan yang salah dan dapat berakibat fatal. Kerusakan pada umumnya yang terjadi meliputi kertas macet saat mencetak, cartridge tinta bermasalah, roll penarik kertas mesin printer rusak atau patah, mesin printer tidak dapat menyala atau mati total dan hasil cetakan buram. Aplikasi yang dirancang menggunakan metode Forward Chaining berbasis Android untuk membantu pengguna mendiagnosa kerusakan mesin printer. Aplikasi sistem pakar yang akan digunakan oleh peneliti adalah Expert system shell yaitu McGoo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dan observasi dihasilkan sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat diakses melalui smartphone berbasis Android sehingga dapat membantu pengguna printer Canon MP Series untuk memahami dan mampu mengatasi masalah pada kerusakan printer berdasarkan hasil diagnosa yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Pertiwi, W. K. (2018, 04 09). 3 Besar Merek Printer Di Indonesia 2017. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2018/04/09/16031117/3-besar-merek-printer-di-indonesia-2017.

Istiqomah, Y. N., & Fadlil, A. (2013, Juni). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Sarjana Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, I, 32-41.

Minarni, & Hidayat, R. (2013, April). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Kerusakan Komputer Dengan Metode Backward Chaining. Jurnal Teknoif, I, 26-35.

McGoo Software. (n.d.). Retrieved from McGoo: https://www.mcgoo.com.au/

Septiana, L. (2016, September 2). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainity Factor Berbasis Android. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XIII, 1-8.

Yunasa, R., M, R. R., & Saputra, R. E. (2015, Agustus). Implementasi Accelerometer Pada Smartphone Android Sebagai Media Player ContRoller Pada PC. e-Procedding of Engineering, II, 3327-3331.

Elmande, Y., & Widodo, P. P. (2012, Maret). Pemilihan Criteria Splitting Dalam Algoritma Iterative Dichotomiser (ID3) Untuk Penentuan Kualitas Beras: Studi Kasus Pada Perum Bulog Divre Lampung. Jurnal TELEMATIKA MKOM, IV, 73-82.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras, 99.

Sarwono, J. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Mungkinkah? UKRIDA Language Training Centre (ULTC), 119-132.

Djaelani, A. R. (2013). Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX, 82-92.

Hakim, L. N. (2013, December). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, IV, 165-172.

Tanamal, R. (2017, Oktober). Analisis Faktor Yang Paling Berpengaruh Pada Keinginan Menggunakan Aplikasi Grab di Kota Surabaya. JUTEI Edisi Volume 1 No 2, 119-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter