Aplikasi Absensi Perkuliahan Berbasis Android Studi Kasus Absensi FKTI Universitas Mulawarman

Rizky Pratama Putra, Haeruddin Haeruddin, Novianti Puspitasari

Abstract


Pemanfaatan teknologi yang tepat dapat berguna untuk berbagai aktivitas akademik dapat membantu dalam proses aktivitas perkuliahan dan mengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang akurat dan cepat. Aktivitas perkuliahan diawali dengan absensi yang terdapat dibagian akademik yang masih berupa kertas oleh mahasiswa. Hal ini memungkinkan rusak atau hilangnya data absen tersebut. Terlebih lagi terdapat beberapa mahasiswa yang melakukan titip absen kepada temannya. Hal ini juga menyebabkan terjadinya kesalahan dan keterlambatan dalam proses absensi dan pengolahan data perkuliahan mahasiswa. Dengan menggunakan smartphone yang mempunyai Global Positioning System (GPS) untuk membantu dalam mengetahui lokasi pengguna. Pembuatan Aplikasi menggunakan android studio dan bahasa java dengan metode pengembangan waterfall mencakup kegiatan Requirement,  Design, Implementation, Verification, dan Maintenance. Desain sistem menggunakan pemodelan berorientasi objek yaitu Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis android yang digunakan mahasiswa dalam melakukan proses absensi dan dosen untuk memonitoring absensi mahasiswa yang telah melakukan absensi melalui perangkat smartphone.

Full Text:

PDF

References


J. Jumriya, H. Haeruddin, and M. Taruk, “Teknologi Location Based Service (LBS) Profil Universitas Mulawarman Berbasis Mobile,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 97–105, 2018.

Adikara, Fransiskus. 2013. Analisis dan Perancangan SistemAbsensi Berbasis Global Positioning System (GPS) Pada Android 4.x. Sentika.

Pressman, R.S. 2010, Software Engineering : a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill.

Qalbi, Ilyan Ainun. 2016. Aplikasi Kartu Kontrol Praktikum Berbasis Android Pada Laboratorium Bahasa Pemrograman Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Ratna, Adis Lena Kusuma. 2008. “Pengertian PHP dan MySQL”. [online]. Tersedia: http://ilmuti.org/wp-content/uploads/2014/05/Adis-Lena-Kusuma-ratna-Pengertian-PHP-dan-MySQL.pdf.

Sutarman. 2012. “Pengantar Teknologi Informasi”. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wicaksono, Yogi. 2008. “Membangun Bisnis Online dg Mambo++ CD”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Akbar, Ronny Makhfuddin, Nanu Prabowo, 2015. Aplikasi Absensi Menggunakan Metode LOCK GPS dengan Android di PT. PLN (Persero) App Malang Basecamp Mojokerto. Gunardarma, Vol 5, No. 2.

Andrika, Yuyi, 2013. Membangun Sistem Informasi Presensi Mahasiswa STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang Berbasis Web. Sentika, https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_15.pdf. (Diakses pada 15 Maret 2017).

H, Nazruddin Safaat. 2014. “Android Pemrograman Aplikasi Mobile dan Tablet PC Berbasis Android”. Bandung: Informatika

Rizky, Soetam. 2011. “Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter