Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dengan Metode MOORA

Anggrey Aditya Saputri, Nataniel Dengen, Islamiyah Islamiyah

Abstract


Penentuan Dosen Pengampu Mata Kuliah di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi masih ditentukan secara manual berdasarkan rapat awal semester oleh ketua prodi sehingga hasil yang didapat masih belum maksimal karena beberapa dosen masih ada yang tidak sesuai kualifikasi terhadap mata kuliah yang diampu, maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang berguna untuk membantu menentukan dosen pengampu mata kuliah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah ketua prodi dalam menentukan dosen pengampu mata kuliah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multi Objective Optimization On the basis of Ratio Analysis (MOORA). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap sistem, sistem mampu menghasilkan rekomendasi dosen pengampu mata kuliah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh prodi

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, Hanif., 2007, Analisis & Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Aronson, J.E., Liang, T.P. and Turban, E.,2005. Decision support systems and intelligent systems. Pearson Prentice-Hall.

Attri, R. and Grover, S., 2014. Decision making over the production system life cycle: MOORA method. International Journal of System Assurance Engineering and Management, 5(3), pp.320-328.

Brauers, W.K. and Zavadskas, E.K., 2006. The MOORA method and its application to privatization in a transition economy. Control and Cybernetics, 35, pp.445-469.

Jogiyanto, H.M., 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi: Pedoman dan Contoh Melakukan Penelitian di Bidang Sistem Teknologi Informasi. Penerbit Andi Yogyakarta, 306.

Kadir, A., Terra CH., dan Triwahyuni., 2005, Pengenalan teknologi informasi, Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko dan Retantyo Wardoyo. 2006. Fuzzy Multi-Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Mandal, U.K. and Sarkar, B., 2012. Selection of best intelligent manufacturing system (ims) under fuzzy moora conflicting mcdm environment. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 2(9), pp.301-310.

Nugroho, A., 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Penerbit Andi.

Sparague, R. H. and Watson H. J. 1993. Decision Support Systems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts, N. J., Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter