Analisis Forensik Recovery pada Smartphone Android Menggunakan Metode National Institute Of Justice (NIJ)

Imam Riadi, Sunardi Sunardi, Sahiruddin Sahiruddin

Abstract


keberadaan smartphone saat ini dianggap sangat membantu aktifitas manusia dalam melakukan pekerjaan sehari- hari. Berkembangnya fitur-fitur yang ada pada smartphone memudahkan para penggunanya beraktifitas seperti melakukan pekerjaan kantor, bisnis, e-banking, dan untuk berinteraksi dengan pengguna lain di media sosial. Perkembangan smartphone tidak hanya memberikan dampak positif tetapi bisa berdampak negatif  ketika perkembangan tersebut dimanfaatkan untuk melakukan tindakan kejahatan. Saat ini terdapat banyak kasus penghapusan barang bukti kejahatan yang dilakukan oleh tersangka untuk mengilangkan  bukti kejahatan yang  dilakukan  oleh seorang  pelaku. Hal ini menjadi tantangan bagi  forensika teknologi informasi dan  penegak  hukum melakukan  penyelidikan  secara forensik terhadap smartphone dari  tersangka dalam sebuah  kasus  kejahatan  untuk mendapatkan kembali bukti digital yang akan dijadikan sebagai barang bukti dalam sebuah persidangan. Penelitian ini menggunakan tools  MOBILedit Forensic, Wondershare dr. Fone for Android, dan Belkasoft Evidence Center untuk memperoleh bukti digital serta menggunakan metode National Institute of Justice (NIJ) yaitu dengan mengidentifikasi, mengusulkan solusi, melakukan uji solusi yang ditawarkan, mengevaluasi dan melaporkan hasil. Dari hasil pengujian tool forensik yang peneliti gunakan, tool MOBILedit Forensic tidak bisa mengembalikan data yang sudah dihapus, tool Wondershare dr. Fone For Android berhasil mengembalikan data kontak, log panggilan,dan pesan yang sudah dihapus, sementara tool Belkasoft Evidence Center hanya bisa mengembalikan data kontak, dan log panggilan yang sudah dihapus.


Full Text:

PDF

References


Z. M. Guntur , U. Rusyidi and R. Imam , “Analisis Forensil Aplikasi Instant Messaging Berbasis Android,” in Annual Research Seminar (ARS), Palembang, 2017.

Alamsyah, M. Zanial and Rasmila, “Analisis Forensik Recovery Dengan Keamanan Kode Password Pada Smartphone Android,” in Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI), Palembang, 2014.

F. Arizona, R. Imam and Sunardi, “Analisis Forensik Bukti Digital Blackberry Messenger Pada Android,” in Cyber Learning & IT Computer Karawang (CLICK), Karawang, 2016.

Sahiruddin, R. Imam and Sunardi, “Data Recovery Dengan Keamanan Fingerprint Pada Smartphone Android,” in SENDI-U 2018, Semarang, 2018.

R. Imam , Y. Anton and C. Muhammad , “Akuisisi Bukti Digital Pada Instragram Messenger Berbasis Android Menggunakan Metode National Institute Of Justice (NIJ),” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JUTISI), vol. 4, pp. 219-227, 2018.

“National Institurte Of Justice (NIJ) Digital Evidence and Forensics,” 2016. [Online]. Available: www.nij.gov.

“National Institurte Of Justice (NIJ) Digital Evidence and Forensics,” 2016. [Online]. Available: www.nij.gov.

R. Imam , U. Rusyidi and F. Arizona, “Identification Of Digital Evidence On Android's Blackberry Messenger Using NIST Mobile Forensic Method,” International Journal of Computer Science and Information Security (IJSSIC), vol. 15, pp. 155-160, 2017.

R. Imam, Sunardi and F. Arizona , “Forensic Investigation Technique On Android's Blackberry Messenger Using NIST Framework,” International Journal of Cyber-Security and Digital Forensics (IJCSDF), vol. 4, pp. 198-205, 2017.

F. N. Muhammad , U. Rusyidi and Y. Anton, “Analisis Live Forensik untuk Perbandingan Keamanan Email Pada Sistem Operasi Propietary,” Jurnal Ilmiah ILKOM, vol. 8, pp. 242-247, 2016.

A. Nuril, R. Imam and L. Ahmad, “Forensik SIM Card Cloning Using Authentication Algoritm,” International Journal of Electronics and Information Engineering 4, pp. 71-81, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter