Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward and Peppard pada Sekolah Bali Kiddy

I Wayan Widi Karsana, I Made Candiasa, Gde Rasben Dantes

Abstract


Sekolah Bali Kiddy merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan saat ini telah menggunakan sistem infomasi dan teknologi informasi (SI/TI) sebagai salah satu bagian dari bisnis proses lembaga. Strategi SI/TI sangat diperlukan untuk memudahkan pengelolaan informasi yang dibutuhkan dalam meningkatkan daya saing. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah perencanaan strategis SI/TI agar strategi yang dibuat sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari perusahaan. Perencanaan strategis SI/TI pada penelitian ini menggunakan kerangka model Ward dan Peppard yang dimulai dari proses analisis kondisi lingkungan bisnis eksternal dan internal, serta lingkungan SI/TI eksternal dan internal. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SWOT, analisis Value Chain, analisis Five Force Porter, analisis PEST, analisis Critical Success Factor (CSF), analisis trend teknologi dan matriks Mc Farlan’s Srategic Grid. Hasil dari penelitian ini adalah rencana strategis SI/TI yang meliputi strategi SI berupa portofolio aplikasi mendatang yang dapat menunjang bisnis proses, strategi manajemen SI/TI berupa usulan pembentukan bagian Information and Communication Technology (ICT), dan Strategi TI berupa usulan perangkat dan infrastruktur untuk menunjang aplikasi sistem yang direncanakan. Rencana strategi SI/TI dituangkan ke dalam bentuk roadmap sebagai bahan acuan implementasi bagi Sekolah Bali Kiddy di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


P. P. Widagdo, H. Haviluddin, H. J. Setyadi, M. Taruk, and H. S. Pakpahan, “Sistem Informasi Website Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman,” Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 5–9, 2019.

Peppard, J. & Ward, J. 2016, The Strategic Management of Information Systems, 4th Edition, Wiley.

Al Fatta, Hanif, 2009, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, PenerbitAndi, Yogyakarta.

Juhardi, 2010, Penerapan Analisis Swot Guna Penyusunan Rencana Induk E-Government Kabupaten Kaur, Jurnal: Pascasarjana Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.

Kristanto, T. 2015, Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada PT Adira Dinamika Multi Finance, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, SESINDO.

Friska, 2010, Value Chain Analysis (Analisis Rantai Nilai) Untuk Keunggulan Kompetitif melalui Keunggulan Biaya. Jurnal Ekonom, Vol 13 No 1, Januari 2010, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

D. M. Khairina, S. Maharani, and H. R. Hatta, “Sistem Informasi Manajemen Ruang (Simeru) Kelas (Studi Kasus: FKTI Universitas Mulawarman),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, pp. 30–32, 2018.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

J. L. Whitten, L. D. Bentley, and K. V. Dittman, Metode Desain & Analisis Sistem, 6th ed. Yogyakarta: Andi, 2004.

J. Hartono, Analisa Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter