Implementasi Metode Kriptografi International Data Encryption Algorithm (IDEA) Untuk Pengamanan Data Berita Publik Khatulistiwa Televisi Bontang

Rosmasari Rosmasari, Rizky Ariesta Dwi RA, Nataniel Dengen, Medi Taruk

Abstract


Kriptografi merupakan kegiatan pengamanan data baik berupa pesan maupun file dalam bentuk yang lain dari tindak pencurian dan duplikasi dari pihak yang tidak berhak. Pada saat ini khususnya di Publik Khatulistiwa Televisi Bontang, yang merupakan salah satu media televisi yang berada di Kota Bontang ini memiliki permasalahan dalam pengamanan data berita seperti dalam bentuk dokumen, gambar, dan audio. Sebagian besar meningkatnya tindak pencurian serta publikasi ini dilakukan oleh rekan sesama media lain. Sehingga perlu ditingkatkannya pengamanan data oleh pihak internal Publik Khatulistiwa Televisi Bontang. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibangun sebuah aplikasi kriptografi yang dapat mengamankan data berita dengan mengubah isi pesan yang ada dalam data berita. Menggunakan metode kriptografi International Data Encryption Algorithm (IDEA) yang merupakan kriptografi simetris dengan memanfaatkan penggunaan satu kunci saja untuk banyak data dalam proses enkripsi dan dekripsi. Hasil dari pembangunan aplikasi kriptografi data berita pada Publik Khatulistiwa Televisi Bontang diharapkan dapat mengurangi tingkat pencurian dan duplikasi data, serta meningkatkan keamanan data berita dalam internal Publik Khatulistiwa Televisi Bontang maupun eksternal dengan rekan media yang lain.

Full Text:

PDF

References


Andre Chandra, Willy Sudiarto R, dan Junius Karel T. 2015. “Implementasi Steganografi Dengan Metode End Of File Pada Teks Yang Terenkripsi Menggunakan Block Cipher Rivest Code-6 Ke Dalam Citra”. Jurnal Informatika.

Budiyant, Linda. 2015. “Kriptografi Pada File Dokumen Untuk Keamanan Data Menggunakan Metode Blowfish”. Skripsi . Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Ilmu Komputer. Universitas Mulawarman.

Busran, dan Novernus Ayundha Putra. 2014. “Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi Menggunakan Algoritma RSA Pada Sistem Keamanan File Berbasis Java”. Jurnal TEKNOIF.

Deswintiani Sihotang. 2017. “Perancangan Aplikasi Keamanan Data Text Dengan Metode IDEA dan Kompresi Menggunakan Algoritma Huffman”. Jurnal Majalah Ilmiah INTI Volume : XII.

Dr. Sianipar, Eng RH. 2017. “Kompilasi Proyek KRIPTOGRAFI dengan Visual Basic.Net”. Jakarta. Andi Offset.

Dr. Sianipar, Eng RH. 2017. “Java Untuk Kriptografi”. Jakarta. Andi Offset.

Heri Kurniawan. 2016. “Perancangan Aplikasi Chatting Menggunakan Algoritma Vignere Cipher Sebagai Pengaman Pesan Dalam Jaringan Local Area Network Berbasis Java”. Jurnal Skripsi Universitas Potensi Utama.

Ir. Kurniawan, Yusuf, MT. 2004. “KRIPTOGRAFI Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi”. Bandung. INFORMATIKA.

Jubilee Enterprise. 2015. “Mengenal Java dan Database dengan Netbeans”. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Kromodimoeljo, Sentot. 2009. “Teori & Aplikasi Kriptografi”. SPK IT Consuling.

Nugraha, Fajri. 2014. “Kriptografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Hill Cipher”. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ilmu Komputer. Universitas Mulawarman.

Rosa A.S dan M. Shalahuddin. 2013. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung. INFORMATIKA




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i2.1872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter