Teknologi Location Based Service (LBS) Profil Universitas Mulawarman Berbasis Mobile

Jumriya Jumriya, Haeruddin Haeruddin, Medi Taruk

Abstract


Keberadaan kampus yang tersebar, terpisah dari kampus utama dan  fakultas yang ada di unversitas mulawarman tergolong banyak  yaitu sebanyak 14  fakultas serta ruang lingkup Universitas Mulawarman yang juga tergolong luas merupakan masalah tersendiri bagi calon mahasiswa terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota dan belum pernah sekalipun pergi ke Samarinda. Mayoritas para calon mahasiswa hanya mendapatkan informasi  sebatas dari sanak saudara, dan teman yang mengenyam pendidikan di unmul. Dapat juga mengunjungi website unmul, namun dalam mengakses website harus membuka komputer dan browser terlebih dahulu. Pemanfaatan aplikasi mobile berbasis android dapat membantu sebagai media informasi lokasi fakultas dan fasilitas yang tersebar pada lingkungan Kampus Gunung Kelua Uviversitas Mulawarman. Pengembangan sistem menggunakan teknologi Location Based Service (LBS). Pembuatan aplikasi menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrogramana Java. Hasil akhir penelitian ini adalah dihasilkan sebuah aplikasi berbasis Android yang digunakan untuk memberikan mahasiswa, civitas akademik maupun masyarakat umum informasi lokasi-lokasi fakultas dan fasilitas yang ada di lingkungan Kampus Gunung Kelua melalui perangkat mobile.

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2017). Aplikasi Location Based Service Praktek Dokter Spesialis Berbasis Android. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi: Teknik Informatika.

Abdul Kadir, Terra CH., & Triwahyuni. (2005). Pengenalan teknologi informasi. Andi, Yogyakarta.

H, Nazrudin Safaat. (2013). Aplikasi berbasis android. Informatika, Bandung.

Hairah, U, & Budiman, E. (2017). Pemanfaantan Google Maps API dalam pengembangan Media Informasi Pasar Malam di Kota Samarinda. Vol 9. 14-15.

Nazrudin safaat, (2011). Pemprograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Table PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Permadianto, Wahyu. (2010). Pemetaan Data Spesial Universitas Mulawarman Berbasis Android dengan Teknologi Location Based Service (LBS). Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi: Teknik Informatika.

Svennerberg, R. (2010). Beginning Google Maps Api3. New York: Paul Manning.

Safaat H, Nazruddin, 2013. Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Nugroho, Singgih Wahyu. 2014. Pengembangan Aplikasi Sebaran Peta Kantor Pelayanan Jasa Ekspedisi TIKI Berbasis Mobile GIS Smartphone Android. Tugas Akhir. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Permadianto W. 2014. Pemetaan Data Spasial Universitas Mulawarman Berbasis Android Dengan Teknologi Location Based Services (LBS). Teknik Informatika UP. FTIKOM Universitas Mulawarman. Samarinda.

Budiman E. 2016. Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile. ILKOM Jurnal Ilmiah Vol 8 No. 3 April 2016. FIKOM Universitas Muslim Indonesia. Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter