Penerapan Fuzzy C-Means Pada Curah Hujan Di Kalimantan Timur

Ahmad Wahbi Fadillah, Andi Tejawati, Novianti Puspitasari

Abstract


Saat ini teknologi informasi berkembang sangat cepat. Begitu juga dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem informasi memiliki fungsi yang beragam, baik sebagai alat bantu perhitungan matematis, simulasi, pemodelan grafis, juga sebagai alat bantu untuk melakukan prediksi berdasarkan data yang termasuk di dalamnya yaitu melakukan pengelomokkan curah hujan.Pengelompokkan curah hujan mengacu pada rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan sekumpulan informasi mengenai kondisi iklim dan unsur - unsurnya. Informasi ini berguna dalam banyak hal salah satunya adalah untuk prakiraan curah hujan yang memiliki pengaruh yang besar terhadap segala macam aktifitas kehidupan. Contohnya, para petani sangat membutuhkan informasi mengenai prakiraan musim hujan agar mereka dapat mempersiapkan masa tanam dengan lebih baik. Bidang lain yang membutuhkan informasi mengenai curah hujan antara lain pariwisata, perikanan, pelayaran, perkebunan, kehutanan, pembangunan gedung, penataan wilayah, dan kesehatan. Dalam hal ini masyarakat membutuhkan sistem informasi untuk mengetahui kategori curah hujan di kalimantan timur. Maka dari itu dibuatlah suatu sistem informasi untuk mengelompokkan curah hujan di Kalimantan timur menggunakan metode Fuzzy C-Means. Dari penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi guna membantu masyarakat untuk mengetahui tingkat curah hujan di di daerahnya yang ada di Kalimantan Timur. Hasil dari sistem ini akan memberikan informasi tingkat curah hujan dalam tiga kategori yaitu kategori tertinggi, sedang, dan rendah untuk daerah Kalimantan Timur.

Full Text:

PDF

References


Adelia, dan Jimmy Setiawan. 2011. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop. Bandung: Universitas Kristen Maranatha. Vol. 6, No. 2.

Aditya Nur Santoso, and Yehuda. 2012 . "Penerapan Algoritma FuzzyC-Means untuk." Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW.

Agustina, Fajar. 2015. "Penerapan FuzzyC-Means Pada Pemetaan Jurusan Sekolah." Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi vol. 4, no. 1, pp. 38-43.

Anhar. 2010. PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: PT Trans Media Haviluddin. 2011. "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling." Jurnal Informatika Mulawarman vol. 6, no. 1, pp 1-2.

Kusumadewi, Sri, and Hadi Purnomo. 2010 . Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Luthfi, Emha Taufiq. 2017 . "Fuzzyc-Means Untuk Clustering Data (Studi Kasus : Data Performance Mengajar Dosen)". Seminar Nasional Teknologi.

Masrur, Mukhamad. 2016. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Java Server Pages dengan Database Relasional MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R S. 2010,. Software Engineering : a pracititioner’s approach. New York: McGraw-Hill.

Puspitasari, Novianti, and Haviluddin. 2016. "Penerapan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Curah Hujan di Kalimantan Timur."Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi 1-6.

Puspitasari, Novianti, Rosmasari, and Stefanie. 2017. "Penentuan Prioritas Perbaikan Jalan Menggunakan FuzzyC-Means: Studi Kasus." Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer vol. 5, no. 1 7-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI)
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter