Penerapan Metode Bayesian Network Model Untuk Menghitung Probabilitas Penyakit Sesak Nafas Bayi

Hasniati Hasniati, Arianti Arianti, William Philip

Abstract


Bayesian Network dapat digunakan untuk menghitung probabilitas dari kehadiran berbagai gejala penyakit. Dalam tulisan ini, penulis menerapkan bayesian network model untuk menghitung probabilitas penyakit sesak nafas pada bayi. Bayesian network diterapkan berdasar pada data yang diperoleh melalui wawancara kepada dokter spesialis anak yaitu data nama penyakit, penyebab, dan gejala penyakit sesak nafas pada bayi. Struktur Bayesian Network penyakit sesak nafas bayi dibuat berdasarkan ada tidaknya keterkaitan antara gejala terhadap penyakit sesak nafas. Untuk setiap gejala yang direpresentasikan pada struktur bayesian network mempunyai estimasi parameter yang didapat dari data yang telah ada atau pengetahuan dari dokter spesialis. Data estimasi ini disebut nilai prior probaility atau nilai kepercayaan dari gejala penyakit sesak nafas bayi. Setelah diketahui prior probability, langkah berikutnya adalah menentukan Conditional probability (peluang bersyarat) antara jenis penyakit sesak nafas dengan masing-masing gejalanya. Pada langkah akhir, nilai posterior probability dihitung dengan mengambil nilai hasil joint probability distribution (JPD) yang telah diperoleh, kemudian nilai inilah yang digunakan untuk menghitung probabilitas kemunculan suatu gejala. Dengan mengambil satu contoh kasus bahwa bayi memiliki gejala sesak, lemah, gelisah dan demam, disimpulkan bahwa bayi menderita penyakit sesak nafas Pneumoni Neonatal sebesar 0,1688812743.

Full Text:

PDF

References


Budijanto, Didik, 2017, Profil Kesehatan Indonesia 2017, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Anonim, 2013, Asma pada Anak, https://balaiparumakassar.com/asma-pada-anak/, diakses tanggal 20 Februari 2018, Makassar.

Kurniawan, R., 2011, Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Dengan Metode Bayesian Network, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Lestari, L.S., 2013, Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Awal Tumor Otak Menggunakan Metode Bayesian Network Berbasis Web, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Tinaliah, 2015, Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Hewan Ternak Sapi Dengan Bayesian Network, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 5, No. 1, Hal 13-24.

Purwadi, Ihsan, 2009, Penerapan Bayesian Network dalam Penetapan Daerah Tertinggal, Skripsi, Departemen Statistika Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor.

Meigarani, I., 2010, Penggunaan Metode Bayesian Network Dalam Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Leukimia, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Auriadharma, I, 2016, Wawancara langsung tentang sesak nafas pada bayi. Makassar.

Sutojo T, Mulyanto Edy, & Suhartono Vincent., 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Wardhani, 2017. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Schizopernia Menggunakan

Metode Bayesian Network. Teknik Informatika FILKOM Universitas Brawijaya, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter