Profil Mutu dan Relevansi Lulusan Universitas Muhammadiyah Makassar

Wahyuddin Wahyuddin, Nasharuddin Nasharuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu dan relevansi lulusan Universitas Muhammadiyah Makassar yang diukur dengan indikator masa transisi, pekerjaan sekarang, keselarasan vertikal dan horisontal, penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja. Metode yang digunakan yaitu penelitian jenis deskriptif eksploratif dengan populasi sebanyak 4.723 dati lulusan Tahun 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 1.385 yang diambil secara acak dan penyampelan kebetulan, teknik pengumpulan data melalaui kusioner, wawancara, dan pengisian form tracer study secara on line dengan teknik analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa : 1) waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan pertama rata-rata 3,01 bulan dangan 93,36% yang sudah bekerja, lulusan mencari pekerjaan yaitu dengan melalui relasi (misalnya dosen, orang tua, saudara, teman, dll.) sebanyak 1099 orang (79,35%), melalui iklan di koran/majalah, brosur sebanyak 197 orang (14,22%), membangun bisnis sendiri sebanyak 17 (1,23%), dan lain-lain sebanyak 72 orang (5.20%), waktu yang dihabiskan untuk memperoleh pekerjaan pertama dengan rata-rata 3,01 Bulan; 2) jenis perusahaan/instansi/institusi tempat bekerja yaitu pemerintah sebanyak 5,96%, perusahaan swasta sebanyak 83,37%, wiraswasta/perusahaan sendiri sebanyak 3,17%, Organisasi non-profit/Lembaga Swadaya Masyarakat 1,31%, dan lainnya 6,19% dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp. 2,630.000,; dan 3) Hubungan antara bidang studi dengan pekerjaan yaitu erat sebanyak 9,28%, cukup erat sebanyak 58,24%, kurang erat sebanyak 30,32%, tidak sama sekali sebanyak 2,17%; dan 4). Tingkat pendidikan yang paling tepat/sesuai untuk pekerjaan yaitu sebanyak 25,60%, tingkat yang sama sebanyak 72,08%, setingkat lebih rendah sebanyak 1,01%, tidak perlu pendidikan tinggi sebanyak 1,31%; dan 5) Jumlah Target Populasi (a) = 4.723, Jumlah populasi tidak berkontak (b) 3.338 ; Target Subjek (c=a-b) = 1.400; Jumlah Responden (d) = 1.385; Gross Response Rate {e=(d/a)*100} 29,32; Net Response Rate {f=(d/c)*100} = 98,92; Completion Rate {Subjek yang mengisi kusioner lengkap dari total responden(d)}= 1.385.


Keywords


Mutu, Relevansi, Lulusan

Full Text:

PDF

References


Panduan PHP-PTS, 2014. Direktorat Direktorat Kementerian Pembinaan (PHP-PTS): Mutu Pembelajaran dan Relevansi Tahun Anggaran 2014.

Panduan PHTS, 2016. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2016.

Nana Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Samman, F. A., & Sadjad, R. S. (2002, October). Analog MOS circuit design for reconfigurable fuzzy logic controller. In Asia-Pacific Conference on Circuits and Systems (Vol. 2, pp. 151-156). IEEE

Schomburg, Harald (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum für Berufs-und Hochschulforschung, Universität Kassel.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendididikan.

Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Wahyuddin, W. (2016). Peningkatan Mutu dan Relevansi Perguruan Tinggi Melalui Tracer Study. Competitiveness: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 91-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.